Sejumlah Wartawan Senior di Sulteng Ikut UKW di PWI

oleh -

Wakil Gubernur Sulteng, H. Rusli Dg. Palabbi saat hadir membuka pelaksanaan UKW di salah satu hotel di Palu, Senin (18/11/2019). FOTO : MAHFUL/SN

PALU, SULTENGNEWS.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tengah (Sulteng) bekerjasama dengan Biro Humas dan Protokoler Setda Prov Sulteng kembali melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan VI tahun 2019 di salah satu hotel di Kota Palu.




Sejumlah wartawan senior di Sulteng terlihat mengikuti UKW kali ini diantaranya Witan Selaeman (Pemred Pos Palu), Burhan Jawachid (Pemred Logis News), Sutrisno (Pimpinan Jurnal News), Agus Manggona (Mantan Pemred Nuansa Pos) dan sejumlah wartawan senior lainnya.

Sejumlah wartawan senior yang ikut UKW angkatan ke – VI yang dilaksanakan PWI Sulteng bekerjasama dengan Humas dan Protokoler Setda Prov Sulteng. FOTO : MAHFUL/SN

Sesuai jadwal, UKW ini berlangsung dua hari yakni dari tanggal 18 – 19 November 2019 yang menghadirkan penguji dari PWI Pusat dengan tiga pendamping lokal dari PWI Sulteng.

Ketua PWI Sulteng, Mahmud Matangara dalam sambutannya mengcapkan terima kasih kepada Pemprov Sulteng atas bantuan dan suportnya sehingga UKW angkatan ke VI bisa terlaksana.

“Seperti yang kita ketahui bersama, setelah reformasi dan bapak BJ. Habibi menjadi presiden, banyak sekali media yang tumbuh dan orang bebas membuat media, sehingga tidak lagi terkontrol lagi,” ujar Mahmud Matangara.

Pelaksanaan UKW kata Mahmud, adalah bagian dari upaya menertibkan media – media yang tidak berbadan hukum dan wartawan yang tidak berkompeten atau yang tidak memenuhi kualifikasi.

“UKW ini lah yang membedakan wartawan dan yang bukan wartawan,” tegas Mahmud Matangara.




Sekretaris Komisi Kompetensi PWI Pusat, Djoko Tetuko dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari pelaksanaan UKW untuk menghadirkan wartawan yang profesional, sehingga mulai dari gubernur hingga kepala desa, tidak perlu lagi takut dengan wartawan yang mungkin selama ini suka menakut – nakuti narasumber.

“Sejak pelaksanaan UKW pertama hingga saat ini, sudah 11.484 wartawan se – Indonesia yang ikut UKW dan sudah kompeten,” ujar Djoko Tetuko.

Dia mengatakan, materi – materi yang diujikan diantaranya undang – undang pers, kode etik jurnalis, keperempuanan dan perlindungan anak.

Sementara itu, Wakil Ketua PWI Sulteng Bidang Advokasi, Udin Salim yang ditemui di lokasi kegiatan mengatakan, pelaksanaan UKW kali ini untuk pertama kalinya dilaksanakan secara berjenjang, sehingga wartawan senior pun jika ingin ikut UKW harus dari jenjang dasar yakni wartawan muda.

“Dalam UKW ada tiga jenjang yakni muda untuk kelas wartawan, madya untuk kelas redaktur dan utama untuk kelas pemimpin redaksi. Karena aturan dewan pers semua harus berjenjang bagi yang belum pernah ikut UKW sebelumnya, maka biar yang senior kali ini semua harus ikut dari muda dulu,” ujar Pemimpin Redaksi Harian Metro Sulawesi ini.




Aturan itu kata Udin Salim, yakni peraturan dewan pers nomor 4/XII/2017 tentang standar kompetensi wartawan yang mengharuskan semua harus berjenjang mulai dari muda, madya dan utama.

“Dengan aturan itu, tidak ada lagi namanya senior. Jika mau ikut UKW, ya harus dari muda dulu kemudian madya dan terakhir utama,” tandas wartawan senior ini. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *