Sejumlah Tahapan Pilkada Tolitoli Tersendat Akibat Corona

oleh -
Ketua KPU Tolitoli, Suleman Pajalani. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Sejumlah tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tolitoli tahun 2020 di KPU tersendat akibat Corona.

Tahapan yang tersendat itu meliputi penundaan tahapan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Pembentukan Sekretariat PPS dan Panitia Pemutahiran Data Pemilih (PPDP).

Ketua KPU Tolitoli, Suleman Pajalani menjelaskan, dalam pelaksanaan tahapan untuk Pilkada Tolitoli sementara ini bukan dihentikan, melainkan ditunda berdasarkan surat keputusan KPU RI dan disusul dengan Surat Edaran terkait pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19) yang mewabah bukan hanya disetiap daerah tetapi secara umum di Indonesia.

“Tahapan Pilkada yang tertunda ini bukan hanya di Tolitoli, tetapi disemua daerah yang turut melaksanakan Pilkada serentak,” tandas Suleman, Sabtu (28/03/2020).

Untungnya, dalam surat keputusan KPU RI dan SE tersebut pihak KPU Tolitoli masih mendapatkan kesempatan melaksanakan pelantikan PPS di sembilan kecamatan.

“Pelaksanaan pelantikan PPS itu telah digelar disetiap kecamatan karena koordinasi yang matang dengan pihak medis dan aparat kepolisian, satu kecamatan ditunda,” tutur ketua KPU itu.

Jumlah anggota PPS yang telah dilantik sekitar 285 orang, sedangkan 42 orang menunggu surat keputusan KPU RI selanjutnya.

“SK dan masa kerja mereka ini juga menunggu keputusan KPU RI, yang pasti terhambatnya tahapan tersebut karena covid 19 alias Corona,” tutup Suleman. LAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *