Exhibition Merdeka Belajar SD Islam Khalifah Palu

oleh -
Kepsek SD Islam Khalifah, Rosmayanti, S.Pd, saat memberikan sambutan dalam pertunjukkan Exhibition yang digelar selama tiga hari dilingkungan sekolahnya, Selasa (11/1). FOTO : IST

Pertunjukkan Exhibition Selama Tiga Hari, Resmi Dibuka Oleh Plt. Kepala Disdikbud Kota Palu

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pelaksanaan pertunjukkan exhibition melalui sejumlah karya seni dan teknologi dalam membentuk karakter pelajar pancasila di Sekolah Dasar (SD) Islam Khalifah selama tiga hari, merupakan bagian implementasi dari visi misi sekolah tauhid, entrepeneurship, dan kewirausahaan.

Pemukulan Gong oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Abdul Hafid Djakarate yang ditandai dimulainya pertunjukkan Exhibition.
FOTO : IST

Dimulainya pertunjukkan exhibition ditandai dengan pemukulan gong oleh Wali Kota Palu diwakili Pjs. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, serta menampilkan karya-karya seni dan teknologi yang seluruhnya hasil karya dari siswa-siswi SD Islam Khalifah Palu.

Hasil karya siswa-siswi SD Islam Khalifah yang ditampilkan dalam pertunjukkan Exhibition.
FOTO : IST

Kepala Sekolah (Kepsek) SD Islam Khalifah Palu Rosmayanti, S.Pd, menguraikan, kegiatan pertunjukkan exhibition atau pameran adalah sebagai unjuk kerja dan sebagai media anak-anak untuk dapat diparesiasi dari hasil karyanya yang telah mereka laksanakan, kurang lebih selama satu bulan, berporeses untuk melaksanakan projet penguatan profil pancasila sebagai salah satu program dari sekolah penggerak di SD Islam Khalifah Palu.

Selanjutnya, kata dia, di dalam muatannya terdapat dimensi pancasila yang menjadi salah satu slogan dan juga menjadi hal yang fundamental dalam program merdeka belajar.

“Setelah mereka (siswa-siswi) berkarya, berkolaborasi, meriset, menganalisis data dan memproses secara digital, maupun sesuai dengan tema, seni dan teknologi, akhirnya mereka mempertunjukkannya melalui pameran kali ini,” ungkap Rosmayanti kepada SultengNews.com, Selasa (11/1/2022).

“Dan kegiatan ini juga menjadi ajang buat orang tua bisa berkaloborasi dengan sekolah dalam hal mengetahui hasil karya anaknya di sekolah. Jadi, nanti orang tua bisa tahu bahwa selama ini anakku apa-apa sudah yang dibuat, bagaimana hasilnya. Jadi, orang tua tidak serta merta menyerahkan anaknya ke sekolah tetapi mereka (orang tua) mempunyai kontribusi dari hasil karya yang mereka buat selama ini,” sambung dia.

Kemudian, sebagai implementasi visi misi sekolah tauhid, entrepeneurship, kewirausahaan, bersama dengan dewan guru, SD Islam Khalifah Palu, juga menjalin kerjasama dengan orang tua siswa, memberikan training-training yang berhubungan dengan kewirausahaan dan memberikan wadah atau tempat kepada mereka untuk berbisnis.

“Ini adalah salah satu program yang ada di sekolah, bahwa setiap semester itu setiap selesai, projet anak-anak harus exhibition,” sebutnya.

Di dalam pertunjukkan exhibition atau pameran, selama tiga hari yang dimulai dari hari ini (kemarin-red) sampai dengan hari Kamis (13/1/2022) mendatang, untuk kelas I sendiri, menampilkan projek yakni projet pembiasaan harian dalam tiga bahasa dan karaketer, karakter bahasa arab, bahasa inggris dan bahasa Indonesia.

Sementara kelas II, projet yang ditampilkan yakni menghargai perbedaan. Kelas III, projek yang ditampilkan karena temanya teknologi maka mereka membuat kendaraan masa depan dari bahan bekas kardus.

“Untuk kelas IV, mereka membuat info grafis digital, judulnya cerdas berinternet, disitu mereka berporeses selama satu bulan, mereka melakukan riset dari internet, baik dari geogle dan lainnya, lalu mereka menganalisis data, membuat sketsa dan lainnya,” ujar Rosmayanti.

“Kelas V, mendaur ulang kolaborasi dengan komunitas difabel kota Palu. Jadi, mereka berguru langsung dengan komunitas difabel, dinas sosial, untuk memanfaatkan daur ulang limbah daun kertas, sementa kelas VI projet marketing. Semua anak-anak yang terlibat dalam membuat hasil karya, sementara guru hanya mengarahkan dan membimbingnya,” katanya menambahkan.

Mewakili Wali Kota Palu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu Abdul Hafid Djakarate, menyampaikan, Wali Kota Palu, Pemerintah Kota Palu diwakili oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, memberikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas upaya yang telah dilakukan oleh SD Islam Khalifah Palu, dalam pertunjukkan karya anak-anak didik nya.

“Insya Allah kita berdoa bersama, jika kota Palu dalam keadaan aman dan normal kembali dari masa covid-19, mari kita sama-sama meningkatkan kembali mutu pendidikan di kota Palu. Khususnya seperti yang kita saksikan tadi penampilan yang sangat luar biasa dari adik-adik kita, harapannya lebih meningkatkan kembali inovasi dan apresiasi dari dunia pendidikan di kota Palu,” jelas Abdul Hafid Dj.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.