Satu Pasien Positif Corona Asal Morowali Meninggal Dunia di RSU Anutapura

oleh -
ILUSTRASI : Penanganan pasien covid 19. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Satu orang pasien wanita positif corona atau Covid-19 yang dirawat RSUD Anutapura Palu, meninggal dunia pada Senin (13/4/2020) sekira Pukul 03.00 Wita.

Pasien yang meninggal dunia dengan inisial VY tersebut, merupakan pasien asal Morowali yang dirawat di RSU Anutapura sejak 6 April 2020.

Almarhum VY dinyatakan positif terjangkit virus corona setelah pihak RSUD Anutapura menerima hasil swab dari laboratorium Makassar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr. Husemah yang dikonfirmasi membenarkan adanya satu pasien yang dirawat di RSUD Anutapura Palu meninggal dunia.

“Iya benar. Bukan pasien Palu, tapi pasien terkonfirmasi positif corona dari Morowali yang dirawat di RS Anutapura. Kemarin memang keadaan umumnya sudah menurun dan sesak napas, jadi sudah masuk dalam paru-paru,” jelasnya yang dihubungi via telepon, Senin (13/4/2020) pagi.

Husaemah juga menjelaskan, pihaknya sudah berupaya dengan maksimal, sesuai protap dengan menggunakan alat-alat yang diperlukan sudah difungsikan sebagaimana mestinya dalam menangani pasien tersebut.

“Tapi seperti yang kita tahu, virus ini belum ada obatnya. Yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Kita juga sudah ikhtiar dengan melakukan segala daya upaya bersama dokter ahli paru bersama timnya. Pasien sudah mengalami sesak napas berat,” jelasnya.

Kadis Kesehatan juga menyampaikan, perlu ditracking kontak dengan almarhum di Morowali.

“Sebaiknya Dinkes Morowali melacak semua orang yang penah kontak dengan almarhuma. Karena almarhuma pasien dari Morowali, sehingga bisa dilakukan rapid test atau pegawasan agar tidak menyebar kemana-mana,” imbaunya.

Informasi yang diperoleh, saat ini jenazah sementara dilakukan penanganan sesuai dengan protokol Covid-19 yang selanjutnya akan dikebumikan pemakaman di Kelurahan Poboya, tempat pemakaman khusus penderita Covid-19. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *