Satgas Covid-19 SMP Negeri 1 Palu, Antisipasi Penyebaran Virus

oleh -
Kepsek SMP Negeri 1 Palu, Hj. Faridah Batjo, S.Pd, M.Pd. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Palu memiliki Satgas Covid-19 yang melibatkan seluruh insan sekolah, termasuk melibatkan puskesmas, kelurahan, serta orang tua, dalam rangka untuk mencegah penyebaran covid-19 masuk di lingkungan SMP Negeri 1 Palu.

Kepala SMP Negeri 1 Palu Hj. Faridah Batjo, S.Pd, M.Pd, menerangkan, selain dengan menyiapkan seluruh tahapan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) di sekolah, tentu salah satu hal yang sangat mendesak pula dengan membentuk Satgas covid-19, agar bisa menangkal penyebaran covid-19 masuk ke sekolah.

“Kita sudah lama memang membentuk Satgas covid-19, ini berguna kalau ada masalah cepat langsung ditangani oleh tim dari Satgas covid-19 tadi,” kata Farida kepada SultengNews.com saat ditemui langsung di ruangannya, Kamis (24/2/2022).

“Ini dalam rangka juga untuk menindaklanjuti surat edaran dari Wali Kota Palu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, untuk tetap menerapkan PPKM dalam pencegahan penularan covid-19 kepada anak-anak kita di sekolah,” sambung Faridah.

Untuk pelaksanaan penerapan Prokes di SMP Negeri 1 Palu sendiri, sudah dilaksanakan penerapannya seperti dengan menyediakan seluruh sarana westapel di masing-masing kelas, hand sanitizer, menyediakan masker, serta mengatur pola jam mengajar guru dan pengaturan kursi di dalam kelas.

Bahkan selain itu, Faridah menekankan, melalui kebijakan yang telah dituangkan di SMP Negeri 1 Palu, sejak mulai tanggal 21 Februari lalu, pihaknya telah mengeluarkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau online kepada guru dan siswa.

“Karena banyak anak-anak yang flu, tetapi tidak sampai terkena kasus covid-19, jadi kita ambil kebijakan selama satu minggu sampai awal bulan Maret masuk kembali, untuk pembelajaran PJJ atau online. Biar kita bisa mengantisipasi penyebarannya di sekolah kita,” sebutnya.

Kemudian dia menambahkan, pola hidup, minum vitamin, pola istirahat yang baik, teratur dalam mengatur waktu belajar dan istirahat, ini perlu dijalankan oleh siswa maupun orang tua, ketika siswanya atau anak-anaknya sudah berada di rumah.

Sebab mengapa, karena sekolah bukan hanya sebagai penangkal penyebaran covid-19 utama, akan tetapi melainkan peran dari orang tua, siswa, memiliki peran penting pula dalam menanggulangi masuknya penyebaran covid-19 di sekolah.

“Kalau itu bisa kita terapkan dan kita patuhi bersama, barangkali kita bisa mencegah dan mengantisipasi masuknya penyebaran covid-19 di sekolah kita,” tegas Faridah.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.