Sarung Donggala Langsung Dapat Orderan Konsumen Bukalapak

oleh -
Ketua Kadin Donggala, Dr. Rahmad M. Arsyad saat launching Sarung Tenun Donggala di kegiatan Festival yang diselenggarakan Kadin Donggala, Sabtu (26/3/2022). FOTO : IST

DONGGALA, SULTENGNEWS.COM – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Donggala menggelar Festival I Tahun 2022 di Jalan Pelabuhan, Donggala pada Sabtu (26/3/2022) malam.

Festival ini membawa tiga misi, yakni inklusifitas atau keterbukaan lewat digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di mana seluruh transaksi UMKM yang terlibat di pesta UMKM Kadin Donggala festival, akan dijalankan secara digital.

Kedua, mengembalikan kebangkitan kejayaan Donggala, lewat peluncuran sarung Donggala digital, bersama peluncuran aplikasi Petani Apps oleh Syegenta.

Ketiga, memberikan pelatihan bagi Badan Usaha Desa (Bumdes) lewat program Bumdes Smart.

Yang menarik, ketika Ketua Kadin Donggala, Rahmad M. Arsyad memaparkan mengenai launching Sarung Tenun Donggala tayang di toko Bulakapak, tiba – tiba sarung tersebut langsung diorder oleh konsumen atau user di Bukalapak.

“Adit bisik tadi saya barusan. Digital merubah kita banyak hal. Dari tim tadi menyampaikan sudah ada yang beli. Jadi ibu yang tenun, insya Allah sudah laku,” ungkapnya.

Rahmad menegaskan, kerja – kerja Kadin Donggala tidak hanya main gimmick tetapi sesuatu yang bisa ril untuk kepentingan rakyat dan kejayaan Kabupaten Donggala yang mempunyai sejarah panjang sebagai salah satu kota niaga di Nusantara pada masa lampau.

Ia menjelaskan, untuk membangkitkan kejayaan Donggala salah satunya adalah membawa Sarung Donggala ke pasar digital. Sarung Donggala tidak lagi dijual murah, tetapi dengan angka Rp 3500.000. Kenapa dijual mahal, supaya para penenun, utamanya tenun godokan mendapat kesejahtetaan bukan hanya sekedar menenun, namun mereka harus hidup di atas rata – rata.

“Makanya kami konsen untuk melakukan pembenahan itu. Pasar, selain pasar kita juga buat system track market berkeadilan. Itu yang kita dorong,” jelas Rahmad.

Selain itu, lanjut dia, di Bukapalak, story Sarung Donggala juga disiapkan dan ditampilkan di laman Bangga Buatan Indonesia (BBI). Kemudian di laman tersebut ditampilkan pula cerita mengenai sejarah Sarung Donggala.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.