Rusli Dg. Palabbi Terpilih Jadi Wagub Sulteng

oleh -



Suasana perhitungan suara pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) yang berlangsung di ruang sidang utama DPRD Sulteng, Senin (8/7/2019). FOTO : MAHFUL/SN

PALU, SULTENGNEWS.com – Sekretaris DPW PAN Sulteng, Rusli Dg. Palabbi, SH, MH akhirnya terpilih sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng Pengganti Antar Waktu (PAW) Periode 2016 – 2021, dalam sidang paripurna dengan agenda utama Pemilihan Wagub di Gedung DPRD Sulteng, Senin (8/7/2019).

Rusli Dg. Palabbi memenangkan pemilihan dengan mengantongi 35 suara sah, dari 43 jumlah anggota DPRD Sulteng yang hadir dan memberikan suaranya. Sementara Ketua DPW PBB Sulteng Andi Mansur Pasande, MM hanya mengantongi 8 suarah sah.

Wakil Gubernur Sulteng Terpilih, Drs. Rusli Dg. Palabbi, SH.,MH

Sidang istimewah pemilihan Wagub itu, dipimpin Wakil Ketua Dr. Alimuddin Paada serta dua wakil ketua lainnya yakni Akram dan Muharram Nurdin. Sidang dimulai sekira pukul 11.00 Wita dan berakhir sekira pukul 14.00 Wita dan dihadiri 43 Anggota DPRD Sulteng.

Terpilihnya Rusli Dg. Palabbi sebagai Wagub, akhirnya bisa mengisi kekosongan jabatan Wagub yang lama tak terisi sejak ditinggalkan Almarhum Sudarto, SH, M.Hum yang wafat pada 1 Oktober 2016 silam.

Rusli Dg. Palabbi dalam pemaparan visi-misinya menyampaikan, bahwa dirinya siap menjalankan tugas sebagai Wagub sebagaimana yang diatur dalam ketentuan pasal 66 Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Dalam ketentuan itu, setidaknya ada empat tugas pokok seorang Wagub dalam menjalankan tugasnya yakni; Pertama, membantu Gubernur dalam memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, mengkoordinasikan kegiatan perangkat daerah dan menindaklanjuti laporan atau temuan hasil pengawasan aparat pengawasan, membantu dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dilaksanakan oleh perangkat daerah bagi Wakil Gubernur.

Kedua, memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Daerah dalam pelaksanaan pemerintahan daerah. Ketiga, melaksanakan tugas dan wewenang kepala daerah apabila kepala daerah menjalani masa tahanan atau berhalangan sementara. Empat, melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan.

Dua calon wakil gubernur saat menunggu proses perhitungan sauara. Nampak wajah keduanya terlihat tegang menunggu hasil perhitungan. FOTO : MAHFUL/SN  

“Selain itu, wakil kepala daerah juga bertugas melaksanakan kewajiban pemerintahan lainnya yang diberikan oleh kepala daerah yang ditetapkan dengan keputusan kepala daerah,” katanya.

Dikatakan, jabatan wakil gubernur sangat merupakan elemen penting dalam upaya mencapai visi – misi daerah, sesuai ruang lingkup tugas dan wewenangan wakil gubernur termasuk tugas – tugas lain yang didelegasikan oleh gubernur.

Selain itu, juga perlu menetapkan target kinerja untuk mengimplementasikan tugas – tugas wakil gubernur. Penetapan target kinerja sangat perlu dilakukan, agar sejak awal seluruh aktivitas wagub dapat direncanakan dengan baik dan diselaraskan dengan semua dokumen perencanaan daerah, sehingga nantinya menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas sebagai wagub.

“Kongkritnya, dalam kapasitas tugas membantu gubernur untuk memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan daerah, mengkoordinasikan kegiatan daerah dan menindaklanjuti laporan dan atau temuan hasil pengawasan aparat pengawas, serta membantu dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dilaksanakan, akan dilakukan dengan menerapkan rencana kerja wakil gubernur yang bersifat operasional dan implementatif,” tutupnya. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *