Rusdy – Ma’mun Komitmen Tingkatan Fiskal Daerah untuk Majukan Pembangunan Sulteng

oleh -
Calon Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura saat mengisi salah satu acara bersama kalangan jurnalis di Palu. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS. COM – Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura – Ma’mun Amir terus berinovasi dalam meningkatkan kapasitas fiskal daerah. Peningkatan kapasitas fiskal daerah perlu dilakukan agar dapat lebih cepat dalam melakukan pemulihan pembangunan pasca bencana gempa 2018 lalu.

Hal tersebut diungkapkan Rusdy saat menghadiri undangan Pondcast Ini Palu di Kota Palu. Lebih lanjut dia mengatakan upaya peningkatan kapasitas fiskal daerah menjadi fokus Rusdy bila terpilih menjadi gubernur nanti.

Peningkatan tersebut, kata Rusdy bisa dilakukan dengan mengoptimalkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) daerah. Karena dengan mengoptimalisasi potensi tersebut akan berimbas pada peningkatkan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) dalam pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Bila Sulteng ingin maju, mandiri, dan sejahtera maka harus ditopang dengan fiskal daerah yang mumpuni. Karenanya hal itu menjadi fokus kami bila dipercaya masyarakat menjadi pemimpin Sulteng selanjutnya,” kata Rusdy dalam Podcast Ini Palu di Kota Palu.

Dia menambahkan, dalam upaya meningkatkan PAD tidak hanya bersumber pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) saja. Akan tetapi bisa juga dengan memaksimalkan potensi alam yang ada di Sulteng.

“Kita harus gali dan maksimalkan potensi alam yang ada. Bagaimana kekayaan alam bisa menjadi modal utama untuk membangun daerah,” terangnya.

Karenanya Rusdy berharap kedepan setiap perusahaan swasta yang berinvestasi di Sulteng bisa mengutamakan pemasukan untuk daerah terlebih dahulu baru diserahkan ke Pemerintah Pusat.

“Kita harus bisa merumuskan sebuah ketentuan atau peraturan yang bisa membuat perusahaan swasta membayar pajak tinggi untuk daerah. Masyarakat juga harus menikmati hasil dari tanahnya sensiri,” tutup Rusdy. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *