Rencana Bentuk Balakar Dalam Penanggulangan Kebakaran

oleh -
Kepala Satuan Pol-PP dan Pemadam Kebakaran Sigi, Mohamad Amdar Mahmud. FOTO : IST

SIGI, SULTENGNEWS.COM – Awal tahun 2022, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran kabupaten Sigi bakal focus dengan rencana untuk membentuk Barisan Relawan Pemadam Kebakaran (Balakar), yang membantu awal penanganan dan penanggulangan jika terjadi musibah kebakaran di masing-masing wilayah kecamatan yang ada.

Kepala Satuan Pol-PP dan Pemadam Kebakaran Sigi, Mohamad Ambar Mahmud, mengatakan, dengan melihat lokasi di wilayah masing-masing kecamatan yang cukup jauh dari pusat pemadam kebakaran Sigi, serta dengan mempertimbangkan mempercepat penanggulangan potensi kebakaran, maka telah direncanakan bakal membentuk Barisan Relawan Pemadam Kebakaran (Balakar) tahun ini.

“Kita bentuk Balakar di masing-masing kecamatan dengan melibatkan pemuda-pemuda atau dengan kata lain kita perdayakan mereka. Kita latih untuk bagaimana cara menanggulangi kebakaran sebelum tim utama dari kita yang datang menanggulanginnya jika terjadi kebakaran,” ungkap Mohamad Ambar Mahmud kepada SultengNews.com, Selasa (25/1/2022) pagi.

Dengan di SK kan langsung oleh Bupati Sigi, sambung Ambar Mahmud, harapannya dengan terbentuknya Balakar nantinya bisa membantu dan menimalisir potensi kebakaran jika tidak diminta-minta terjadi kebakaran di suatu wilayah kecamatan tersebut, seperti wilayah Kulawi yang jauh dari pusat Pemadam Kebakaran dan wilayah lainnya.

“Minimal dalam satu wilayah kecamatan 25 orang tim Balakar, tetapi semakin banyak juga semakin bagus,” sebutnya.

“Karena kita tahu bersama personil kita terbatas begitu pula sebaliknya dengan jumlah armada Pemadam Kebakaran Sigi hanya ada satu unit yang sedia,” sambung dia.

Selain dengan membentuk Balakar dalam rangka untuk mengurangi tingkat resiko yang terjadi pada saat kebakaran, Ambar Mahmud pun telah menjalin kerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu, untuk bersinergi bersama, menangani dan menanggulangi resiko kebakaran di dua wilayah yang ada.

“Alhamdulillah, mulai akhir tahun kemarin kita sudah melaksanakan kerjasama dengan Damkar Kota Palu. Jarak wilayah atau jarak tempuh 7 kilometer dari perbatasan. Damkar Kota Palu bisa membantu wilayah Sigi begitupun sebaliknya Damkar Sigi bisa membantu wilayah Palu dalam menanggulangi adanya kebakaran,” jelasnya.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.