Rektor UIN Datokarama Palu Lantik Warek, Dekan dan Direktur Pascasarjana

oleh -
oleh
Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, saat melantik sejumlah pejabat dilingkungan kampus UIN Datokarama Palu, Rabu (29/12/2021). FOTO : IST

Prof. Dr. H. Abidin Djafar, Jabat Warek I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga

PALU, SULTENGNEWS.COM – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu resmi melantik sejumlah pejabat tinggi Wakil Rektor, Dekan serta Direktur Pascasarjana yang berasal dari dosen.

Prof. Dr. H. Abidin Djafar, bersama dengan sejumlah pejabat tinggi lainnya saat dilantik Rektor UIN Datokarama Palu.
FOTO : IST

Dari sejumlah nama yang resmi dilantik, beberapa nama masih menjabat kembali dalam jabatan yang pernah dipegang sebelumnya, diantaranya Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan serta Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama.

Delapan dosen yang dilantik adalah Prof. Dr. H. Abidin Djafar, S.Ag, M.Ag dilantik sebagai Warek I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H Kamaruddin sebagai Warek II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Mohamad Idhan sebagai Warek III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama.

Kemudian, Dr. H. Askar dilantik sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), Dr. Ubay Harun dilantik sebagai Dekan Fakultas Syariah, Dr. Sidik sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Dr. Hilal Malarangan sebagai dekan Fakutas Ekonomi Bisnis Islam. Prof. Sagaf Pettalongi juga melantik Prof Nurdin sebagai Direktur Pascasarjana UIN Datokarama.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, melantik delapan dosen untuk menjabat jabatan Wakil Rektor (Warek), dekan dan Direktur Pascasarjana perguruan tinggi negeri tersebut.

“Apakah saudara-saudara bersedia dilantik,” tanya Prof Sagaf kepada delapan dosen yang dilantik, saat membaca naskah pelantikan yang berlangsung di aula UIN Datokarama Palu, Selasa (28/12/2021) sore.

Prof. Sagaf, dalam sambutannya meminta kepada delapan pejabat yang baru dilantik, agar menguatkan tekad dan komitmen untuk mengembangkan UIN Datokarama Palu.

“Sesuai fakta dan integritas yang telah ditandatangani, bapak-bapak akan berkomitmen untuk mengembangkan UIN Datokarama Palu, khususnya pada pengembangan mutu kelembagaan,” ujar Prof. Sagaf.

Karena itu, kata Prof. Sagaf, dua tahun kedepan, merupakan upaya untuk meletakkan pondasi atau dasar, untuk perjalanan pengembangan UIN Datokarama Palu.

“Tranformasi kelembagaan dari IAIN menjadi UIN, tentu memberikan tantangan dan tuntutan masyarakat yang sangat besar, maka dibutuhkan gerak cepat, komitmen dan integritas yang kuat para unsur pimpinan, serta penguatan koordinasi, untuk pengembangan UIN,” ujar Prof Sagaf.

Prof. Sagaf mengingatkan kepada pejabat yang baru dilantik, agar memacu kinerja untuk pencapaian-pencapaian yang tertuang dalam rencana strategis pengembangan UIN Datokarama Palu, dalam hal pengembangan mutu kelembagaan.

Kinerja itu, ujarnya, harus diikutkan dengan kedisiplinan dalam bekerja. Apalagi, UIN Datokarama Palu saat ini sedang berupaya agar seluruh program studi terakreditasi dengan predikat A.

“Kita harus terus melakukan penguatan kelembagaan dan akademik, serta peningkatan mutu melalui akreditasi. Empat tahun terakhir, terdapat dua prodi terakreditasi A, dan banyak prodi terakreditasi B. Kita harus terus meningkatkan nilai akreditasi ini dari B ke A,” katanya.

Rektor tidak menginginkan bila dalam penguatan dan persiapan hadapi visitasi akreditasi, hanya menjadi tanggung jawab ketua program studi. Sebaliknya, Rektor menginginkan agar penguatan persiapan hadapi visitasi prodi menjadi tanggung jawab pimpinan di tingkat fakultas, dan Direktur Pascasarjana.

“Mari kita bekerja dengan baik, sebagai bentuk kontribusi kita terhadap pengembangan perguruan tinggi ini,” tutup Prof. Sagaf.

UIN Datokarama Palu sebelumnya adalah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Perguruan tinggi negeri tersebut resmi alih status menjadi Universitas Islam Negeri Darokarama Palu, setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2021 Tentang UIN Datokarama Palu. Perpres tersebut ditandatangani oleh Presiden pada tanggal 8 Juli 2021.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.