Ratusan Prajurit TNI AD Diterjunkan ke Poso Dalam Perburuan Anggota MIT

oleh -
Ratusan anggota TNI saat tiba di bandara Mutiara Sis Al-Jufri bergabung dalam Satgas Tinombala. FOTO : ALSIH MARSELINA

PALU, SULTENGNEWS.COM – Ratusan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Mabes TNI Angkatan Darat (AD) yang bergabung bersama pihak kepolisian dalam Tim Satuan Tugas Tinombala, akan mengejar sisa kelompok sipil bersenjata Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang berada di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Bantuan Kendali Operasi (BKO) yang diturunkan untuk membantu Polri dalam Operasi Tinombala di Poso. Ratusan prajurit TNI itu, tiba di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri pada Sabtu (15/8/2020).

“Ratusan prajurit TNI nantinya akan dilibatkan dalam operasi tinombala guna memburu sisa Kelompok MIT yang diketahui jumlahnya tinggal belasan orang,” ujar Kapolda Sulteng, Irjen Pol Syafril Nursal saat wawancara dengan sejumlah wartawan, di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri saat menjemput kedatangan pasukan BKO itu.

Dikatakan, dengan hadirnya TNI yang datang membantu pihak kepolisian dalam rangka menciptakan situasi keamanan bagi wilayah Sulawesi Tengah.

“Prajurit TNI datang untuk membantu menciptakan situasi Sulawesi Tengah yang kondusif, karena daerah ini daerah yang sangat makmur dan kita ingin bagaimana bisa memelihara situasi keamanan kondusif supaya perekonomian masyarakat bisa berkembang dan meningkat,”ucapnya.

Kapolda mengungkapkan, mungkin nantinya akan ada tambahan jumlah personil lagi tergantung dari kebutuhan dan dirinya sangat optimis dalam hal ini.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Baco Dg Palabbi berharap dengan melibatkan TNI situasi kondisi di Kabupaten Poso bisa kembali Normal agar masyarakat tidak merasa ketakutan.

“Kita berharap tentunya pendekatan secara kekeluargaan yang ada di sana, kita berharap sama-sama situasi di poso semakin kondusif dengan datangnya anggota TNI agar lebih tambah kondusif lagi, karena kita akan menghadapi Pilkada serentak Sulawesi Tengah. Kita berharap suasana demokrasi nantinya akan berjalan seperti biasa,” tuturnya.

Berdasarkan pantauan sultengnews.com, ratusan prajurit disambut Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dandrem 132 Tadulako, Kapolda Sulteng, Perwira staf Korem 133 Tadulako dan Perwira staf Polda Sulteng.

Ratusan Personil TNI ini yang akan langsung bertolak ke Wilayah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. SIL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *