Ratusan Peserta Antusias Mengikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

oleh -

Anggota MPR RI/DPR RI, H. Syarifuddin Sudding saat menyampaikan materi dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Thee Kafe Nokilolali, Minggu (8/12/2019). FOTO : MAHFUL/SULTENGNEWS.COM

PALU, SULTENGNEWS.COM – Ratusan peserta dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum, terlihat sangat antusias mengikuti sosialisasi 4 pilar kebangsaan MPR RI di kafe the nokilolaki, Minggu (8/12/2019).

Sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini, merupakan kerjasama antara sekretariat MPR RI dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Palu.

Para peserta terlihat serius mengikuti materi sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang disampaikan Anggota MPR RI H. Syarifuddin Sudding. FOTO : MAHFUL/SULTENGNEWS.COM

Dalam kesempatan ini, Syarifuddin Sudding menyampaikan 4 pilar kebangsaan yang harus diketahui dan dijaga oleh seluruh rakyat Indonesia utamanya kalangan generasi muda yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan generasi milenial. Empat pilar yang disampaikan yakni Undang – Undang Dasar 1945, Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

“Kita harus benar – benar memahami dan mendalami empat pilar kebangsaan, sehingga kita bisa memahami makna dan tujuan kita bernegara, agar tidak mudah terpengaruh dengan upaya – upaya dari luar yang bertujuan untuk menghancurkan negara kita,” ujar Syarifuddin Sudding dihadapan para peserta sosialisasi.

Ada beberapa poin penting dalam Undang – Undang Dasar 1945 disampaikan Syarifuddin Sudding seperti tujuan bernegara dan beberapa pasal yang berkaitan dengan pentingnya menjaga kerukunan dan persatuan bangsa.

Anggota MPR RI/DPR RI, H. Syarifuddin Sudding berinteraksi dengan para peserta sosialisasi 4 pilar kebangsaan di The Kafe Nokilolaki, Minggu (8/12/2019). FOTO : MAHFUL/SULTENGNEWS.COM

Syarifuddin menyampaikan tujuan bernegara sangat jelas disampaikan pada alinea ke empat undang – undang dasar yakni untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mercerdasakan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan ke adilan sosial.

“Itulah tujuan negara yang harus kita ketahui dan pahami bersama agar negara kita senantiasa terjaga,” ujarnya.

Syarifuddin juga menyampaikan pasal 29 ayat satu (1) Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan ayat dua (2) Negara menjamin kemerdekaan tiap – tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing – masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

“Jadi, negara kita ini sudah diatur sedemikian rupa dalam undang – undang dasar, sehingga kita harus menjaga keutuhannya melalui empat pilar kebangsaan,” terang Anggota DPR RI daerah pemilihan Selawesi Tengah (Sulteng) ini.

Pada kesempatan ini, para peserta juga mengajukan berbagai pertanyaan berkaitan dengan tanggungjawab negara terhadap kesejahteraan rakyat yang hingga saat ini belum sepenuhnya terwujud. Termasuk prilaku para elit negara yang juga belum mencerminkan tujuan bernegara yang sesungguhnya.

Anggota MPR RI/ DPR RI, H. Syarifuddin Sudding menyampaikan sambutan sebelum sosialisasi 4 pilar kebangsaan. FOTO : MAHFUL/SULTENGNEWS.COM

Menanggapi berbagai pertanyaan itu, Anggota DPR RI asal Parati Amanat Nasional (PAN) ini mengakui, memang saat ini rakyat Indonesia belum semuanya sejahtera dan itu menjadi tanggungjawab negara untuk menyelesaikannya. Termasuk prilaku para elit negara yang belum sepenuhnya menjalankan amanat undang – undang sesuai tujuan sesungguhnya.

“Walaupun prilaku elit negara belum semuanya menjalankan sesuai undang – undang dasar, tapi bukan berarti adik – adik semua mencontoh prilaku kurang baik itu. Tugas kita adalah menjalankan sebaik – baiknya sesuai amanat undang – undang yang dimulai dari diri kita masing – masing,” tegasnya. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *