Proyek AMC RSAP Mulai Dilaksanakan Awal Tahun 2022

oleh -
Kepala Seksi Perencanaan BPPW Sulteng, Aksa H. Mardani. FOTO : IST

Menggunakan Anggaran 200 M Pinjaman dari JICA

PALU, SULTENGNEWS.COM – Setelah lama di nanti-nanti kapan mulai pelaksanaan kembali pembangunan Anutapura Medical Center (AMC) Rumah Sakit Anutapura Palu (RSAP) yang hancur akibat gempa 28 September 2018 silam.

Melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tengah Kementerian PUPR sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengguna anggaran 200 miliar rupiah lebih dari pinjaman Bank Dunia Japan International Cooperation Agency (JICA), dapat memastikan dimulainya pembangunan AMC kembali pada awal tahun 2022 mendatang.

Kepala Seksi Perencanaan BPPW Sulteng Kementerian PUPR Aksa H. Mardani, menjelaskan, beberapa waktu yang lalu, Kementerian PUPR melalui PPK pengguna anggaran BPPW Sulteng telah menandatangani kontrak dengan pelaksana proyek AMC yakni PT. Adhi Karya, untuk pelaksanaan gedung AMC kembali.

Sehingga bisa dipastikan untuk pembangunan kembali bangunan gedung AMC Rumah Sakit Anutapura Palu bisa dilaksanakan pada awal tahun 2022 mendatang.

“Pemenang proyeknya PT. Adhi Karya, kontraknya sudah ada antara PPK penguna anggaran dari BPPW serta selaku pelaksana proyek yakni dari Adhi Karya,” sebut Aksa kepada SultengNews.com belum lama ini.

Saat ini persiapan yang tengah diselesaikan oleh PT. Adhi Karya dengan PPK pengguna anggaran BPPW Sulteng yakni seutuhnya tinggal menuntaskan desain, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan gedung AMC.

“Insya Allah kalau sudah selesai menuntaskan desainnya, dilanjutkan dengan memulai pembangunannya kembali,” tambahnya.

Selanjutnya, karena pembangunan struktur gedung AMC menggunakan teknologi base isolator dari Jepang, tentu diharapkan pula teknisi yang membangun struktur harus sesuai dengan keahlian di bidangnya masing-masing.

“Pekerjaannya cukup rumit juga karena menggunakan tekonogi dari jepang base isolator, sehingga perlu ada tenaga ahli yang berkompoten yang bisa memahami pengerjaan struktur gedung AMC,” ungkap Aksa.

Kemudian, dengan tegas Aksa menyampaikan, untuk pembangunan gedung AMC diharapkan bisa berakhir sesuai dengan kontrak yang sudah disepakati sehingga pada awal tahun 2023 mendatang, gedung AMC RSAP sudah bisa beroperasi dan dapat menyediakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kota Palu dan masyarakat Sulawesi Tengah.

“Kita harapkan tahun 2023 sudah bisa dituntaskan dan sudah bisa dimanfaatkan gedung AMC,” jelasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.