Prioritas Rektor, Dorong Mahasiswa Kembangkan Bakat Olahraga-Seni

oleh -
Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Salah satu prioritas utama Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu ialah, bagaimana mendorong seluruh mahasiswa untuk terus mengembangkan bakat dan minatnya dalam menekuni bidang Olahraga-Seni.

Rector UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S Pettalongi, M.Pd, menjelaskan, pengembangan kompetensi mahasiswa pada bidang seni dan olahraga serta bidang-bidang lainnya, menjadi salah satu prioritas lembaga kampus UIN Datokarama Palu yang terus dilakukan secara berkesinambungan, termasuk pengembangan kompetensi manajerial baik secara internal maupun eksternal, serta mendorong mahasiswa mengikuti kegiatan latihan kepemimpinan nasional yang dilaksanakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag di UIN Banten dan Academic Writing nasional di Jakarta tahun 2022 ini.

Pengembangan kompetensi mahasiswa, sambung Prof. Dr. Sagaf, dapat dilakukan lewat kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari penyelenggaraan kegiatan akademik.

“Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa merupakan kegiatan penopang akademik, yang merupakan tindak lanjut pengembangan mutu dan daya saing mahasiswa,” kata Prof. Dr. Sagaf, Pakar Manajemen Pendidikan kepada SultengNews.com, Kamis (7/4/2022).

Kemudian Prof. Dr. Sagaf menambahkan, untuk menopang hal tersebut, lembaga kampus UIN Datokarama Palu berupaya membangun sarana dan infrastruktur pengembangan bakat dan minat mahasiswa meliputi sarana olahraga dan seni.

“Pembangunan sarana-sarana ini dilakukan secara bertahap,” ungkapnya.

Selanjutnya, Prof. Dr. Sagaf, mengapresiasi mahasiswa yang telah berhasil mengukir prestasi pada bidang olahraga dan seni di tingkat daerah dan nasional.

“Kedepannya, bagi mahasiswa-mahasiswi yang berprestasi di tingkat daerah dan nasional, diupayakan untuk diberikan hadiah dari universitas,” kata Prof. Dr. Sagaf.

Ariflan, salah satu mahasiswa UIN Datokarama Palu, berhasil meraih medali emas pada kejuaraan nasional Kickboxing Musical Gorm, berlangsung 27-29 September 2021, dilaksanakan oleh Pengurus Provinsi Kickboxing DKI Jaya.

Kemudian, Dinda Nuraisyah, mahasiswi Program Studi Pemikiran Politik Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) UIN Datokarama Palu, juga pernah meraih prestasi juara dua kejuaraan nasional Wadokai Karatedo, yang dilaksanakan di Jakarta Timur pada 27 – 30 Oktober 2021.

Selain Dinda, Firdha Nurul Aswa, yang merupakan mahasiswi Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah UIN Datokarama Palu, juga pernah meraih medali emas pada turnamen taekwondo se-Indonesia timur bertajuk “Indonesia timur terbuka nasional virtual taekwondo turnamen” pada tahun 2021.

Rahmat S, mahasiswa Program Studi Aqidah Filsafat FUAD UIN Datokarama Palu, berhasil meraih medali emas cabang olahraga tinju pada Pekan Olahraga Kota (Porkot) Palu, yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Palu pada Maret 2022.

Selanjutnya di bidang seni, Restia Surya Niensy mahasiswi prodi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah ini, berhasil meraih terbaik kedua pada lomba cabang kaligrafi nasional yang diselenggarakan Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung, Jawa Barat tahun 2021.

Kemudian, Nur Fhatila Dini, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) belum lama ini, berhasil meraih juara satu nasional pada lomba mendongeng, yang dilaksanakan oleh Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PB-IKMAPISI) berlangsung di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jawa Barat, Maret 2022.ZAL/humas UIN Datokarama Palu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.