PPKM Level 4 Kota Palu di Perpanjang, Harga Bahan Pokok di Pasaran Normal

oleh -
Salah seorang penjual bahan pokok di Pasar Inpres Manonda. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Palu, Sulawesi Tengah, di perpanjang hingga 20 September 2021 mendatang. Hal itu berdasarkan hasil evaluasi pemerintah pusat dan memutuskan untuk tetap melanjutkan PPKM Level 4 di luar Pulau Jawa dan Bali yang disampaikan langsung Menteri Perekonomian, Airlangga Hartato dalam konferesi pers PKKM secara virtual pada Senin (06/09/2021).

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Kadis Perindagkop) Kota Palu, Ajengkris mengatakan, kebutuhan dan harga bahan pokok di pasaran bergerak normal. Hanya saja, salah satu komoditi mengalami harga pasang surut di pasaran karena faktor cuaca yang tidak menentu.

“Kebutuhan pokok yang bermain itu ada satu macam saja, tomat, yang lain normal. Tomat itu bukan dikarenakan tengkulak tapi oleh cuaca musim hujan,”kata Ajengkris saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (09/09/2021).

Harga tomat yang naik-turun di pasar juga diakibatkan beberapa akses jalan dari daerah penyangga terputus sehingga mengalami kesulitan dalam pendistribusian tomat tersebut.

“Kemudian yang kedua berapa jalan putus di Kulawi dan Palolo, pasti terhenti disana, harga tomat ini dibilang naik tidak di bulan tidak naik juga tidak. Harga tomat ini berklasifikasi,”ucapnya.

“Tomat yang mau mendekati merah mahal, kalau sudah lewat dari merah kira-kira satu atau dua hari lagi (akan) membusuk, harganya murah. Tergantung konsumen sebenarnya yang mana dia mau beli,”lanjut Ajengkris.

Meski demikian, kata Ajengkris, perputaran harga bahan pokok selain tomat masih tetap normal.

“Tapi harga cabai, Lombok besar, normal,”tuturnya.

Sebagai kota jasa, memang Kota Palu bergantung pendistribusian dari kabupaten tetanga seperti Kabupaten Sigi dan Donggala menjadi daerah penyangga yang paling utama.

Ajengkris juga memastikan, stok pangan selama perpanjangan PPKM Level 4 mencukupi. Apalagi beberapa kebutuhan primer masih dengan harga normal.

“Stok selama PPKM ini cukup, harga daging normal, kebutuhan pokok pun normal,”ungkapnya.DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.