PPDB Provinsi Sulteng Tetap Pakai Sistem Zonasi

oleh -
Kadis Disdikbud Provinsi Sulteng, Irwan Lahace. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memastikan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2021 tetap akana memakai sistem zonasi.

Sistem zonasi merupakan sebuah sistem pengaturan penerimaan siswa baru sesuai dengan wilayah tempat tinggal. Sistem itu diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2018.

“PPDB Tahun 2021 tetap lewat sistem zonasi,”ucap Kadis Disdikbud Provinsi Sulteng, Irwan Lahace, kepada sultengnews, Rabu (21/04/2021).

Irwan juga mengatakan, pihaknya sementara mengajukan Peraturan Gubernur (Pergub) berkaitan dengan sistem zonasi.

“Itu tadi sudah saya paraf ada Pergubnya nanti berdasarkan zonasi,”sebutnya.

“Pergub masih sementara di usulkan ke Gubernur Sulteng, Drs.Longki Djanggola. Tapi yang jelas sistem zonasi, kecuali SMK tidak SMA tetap sistem zonasi,”sambung Irwan.

Disdikbud akan tetap mengacu dengan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018. Karena, menurut dia, tidak akan baik jika aturan dari pemerintah pusat tidak diikuti oleh pemerintah daerah.

“Saya tetap konsisten dengan bapa yang di atur dalam Permendiknas agak kurang elok jika apa yang ditetapkan pusat dan daerah tidak mengikuti itu,”terangnya.

“Jika daerah tidak mengikuti itu berarti ada pertimbangan khusus tapi kalau untuk saya tidak ada pertimbangan khusus,”lanjut Irwan.

Irwan mengatakan, PPDB masih cukup lama. Namun, dia berharap secepatnya Pergub akan disetujui Gubernur Sulteng, Drs.Longki Djanggola.

“Jadi PPDB ini waktunya masih agak longgar sedikit. Tapi usulan Pergub sudah di ajukan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini Pak Gubernur sudah setujui,”tandasnya.DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *