Positif Covid-19, Politisi Senior Golkar Budi Luhur Larengi Tutup Usia

oleh -
Anggota DPRD Sulteng, Budi Luhur Larengi. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Politisi senior Partai Golkar yang juga Anggota DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) periode 2019 – 2024, Budi Luhur Larengi meninggal dunia sekira pukul 21.45 menit tadi malam di RS Undata Palu. Hasil tes swab Budi Luhur positif Covid-19.

“Innalilahi wa innailaihi rojiun, telah meninggal dunia orang tua kita, sahabat, sudara bapak Budi Luhur Larengi malam ini di Rumah Sakit Undata. Semoga Almarhum Husnul Khotimah,” demikian pesan singkat Staf Humas DPRD Sulteng, Hamka melalui grop WhatsApp DPRD Sulteng malam tadi sekira pukul 21.58.

Kabar duku itu, seketika mengejutkan para anggota group dan ada yang seperti tidak percaya lalu bertanya “Innalilahi wa innailaihi rojiun. Pak budi meninggal..? tulis pemimpin redaksi MAL Online, Rifai seakan tak percaya.

Mendapat pertanyaan itu, staf Humas DPRD Sulteng Hamka lalu menyatakan benar bahwa yang meninggal adalah Budi Luhur Larengi. “Iya,” kata Hamka memastikan kebenaran informasi itu.

Kepala Bagian (Kabag) Humas DPRD Sulteng, Wahid Irawan yang dihubungi pagi ini mengatakan, hasil tes swab menyatakan bahwa Budi Luhur Larengi positif Covid-19, sehingga rencana pemakamannya akan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Pak Budi Luhur meninggal semalam sekira pukul 21.45 menit di RS Undata. Beliau terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga akan dimakamkan sesuai protokol kesehatan di Biromaru, Kabupaten Sigi,” jelas Wahid Irawan yang dihubungi sultengnews.com pagi ini, Kamis (25/3/2021).

Menurut Wahid Irawan, Budi Luhur termasuk anggota DPRD Sulteng yang sangat aktif dan bertanggungjawab dalam setiap tugas yang diembankan kepadanya. Belum diketahui secara pasti, Budi Luhur terjangkin virus Covid-19 dari mana.

“Sejak tanggal 9 Maret 2021, beliau sudah dikarantina di BPSDM Jalan S. Parman. Setelah satu minggu dirawat disana, beliau lalu dirujuk ke RS Madani untuk menjalani perawatan lebih lanjut. Setelah kurang lebih satu minggu juga dirawat di sana, biliau lalu dirujuk lagi ke RS Undata untuk mendapatkan perawatan lebih serius. Namun ternyata Allah lebih sayang kepada beliau,” ujar Wahid Irawan.

Dalam beberapa bulan terakhir sesuai catatan Humas DPRD Sulteng, Budi Luhur Larengi masih mengikuti beberapa rangkaian kegiatan kedewanan diantaranya kunjungan antar daerah di Sulawesi Barat (Sulbar) tanggal 26 Februari 2021, pelantikan Anggota Dewan Pengganti Antar Waktu (PAW) Muhaimin Yunus Hadi tanggal 2 Maret 2021 di kantor DPRD Sulteng, serta sempat menghadiri pesta tanggal 7 Maret di Biromaru, Kabupaten Sigi.

“Tanggal 9 masuk karantina di BPSDM, lalu dirujuk di RS Madani setelah satu minggu dirawat di BPSDM. Setelah sempat dirawat kurang lebih satu minggu juga, lalu dirujuk ke RS Undata kemarin sore tanggal 24 Maret bersamaan dengan istrinya yang sudah negatif,” terang Kabag Humas DPRD Sulteng ini.

“Beliau orang yang sangat baik, orang tua yang bijak, mengdengar keluhan kami dan mampu menempatkan diri sebagai teman, sahabat dan sebagai orang tua. Kami di sekretariat DPRD Sulteng merasa sangat kehilangan,” tambah Wahid Irawan.

Sementara itu Ketua DPRD Sulteng, Hj. Nilam Sari Lawira juga mengaku merasa sangat kehilangan salah satu putra terbaik Sulteng Budi Luhur Larengi. Sebagai ketua DPRD Sulteng, Nilam Sari Lawira menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian politisi senior Partai Golkar itu untuk selama – lamanya.

“Beliau orang tua yang sangat bertanggungjawab, bijak dan penuh dedikasi dalam menjalankan tugas apa pun yang diemban. Sebagai ketua Pansus Padagimo, beliau dapat melakukan tugasnya dengan baik. Bahkan perjuangannya dalam menyelesaikan permasalahan penyintas bencana di Sulteng bukanya hanya ke kepala daerah dan kementrian, tapi juga ke Presiden, sehingga, hasil kerja pansus Padagimo mempengaruhi APBD Tahun 2021,” tandas Politisi Nasdem ini.

Sesuai rencana, pemakaman Budi Luhur Larengi akan dilaksanakan pagi ini di Biromaru, Kabupaten Sigi sesuai protokol kesehatan. Dari rumah sakit jenazah akan langsung ke pemakaman. Yang ingin menyolatkan nanti di lokasi pemakaman.

Atas meninggalnya Budi Luhur Larengi, seluruh kegiatan kedewanan mulai besok diliburkan sementara sesuai dengan prokes selama tiga hari kedepan. Selama libur, kantor DPRD Sulteng akan dilakukan penyemprotan. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *