Polisi akan Bubarkan Kerumunan Massa di Malam Tahun Baru 2021

oleh -
Apel Operasi Lilin oleh Kepolisian Resort (Polres) Palu dalam pengamanan jelang Nataru. Foto : Humas Polres Palu

PALU, SULTENGNEWS.COM – Polisi akan membubarkan kerumunan massa di malam pergantian tahun baru 2021, demi mencegah terjadinya penyebaran covid-19.

“Nanti di malam natal dan tahun baru, Pak Kapolres Palu akan membentuk tim yang akan membubarkan kerumunan apabila terjadi hal tersebut,”ujar Kabag Ops Polres Palu, AKP Awaluddin Rahman, SH, MH, saat dihubungi sultengnews.com, Rabu (23/12/2020).

AKP Awaluddin Rahman menerangkan, sebelum terjadi kerumunan pihaknya sudah melakukan himbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan.

Bersamaan dengan itu, kata AKP Awaluddin Rahman mengatakan, Kapolres Palu juga telah melakukan imbauan, kemudian melalui Babinkamtibmas dengan Kasatbinmas ikut gencar melakukan himbauan untuk masyarakat, tidak berpotensi melakukan kerumunan.

“Iyah kami akan bersama-sama dengan Pemda dan instansi terkait untuk bisa bersama-sama turun ke lapangan,”katanya.

AKP Awaluddin Rahman juga menjelaskan, untuk tempat wisata dan tempat nongkrong, sudah disampaikan himbauan khususnya dalam perayaan natal tidak dilakukan di tempat-tempat keramaian. Namun, bagi yang melaksanakan natal dianjurkan untuk menjaga dan mematuhi protokol kesehatan 3 M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak.

“Kita juga imbau untuk tetap melaksanakan ibadah natal dalam Gereja dengan tetap menjaga jarak. Kita sudah himbau setiap pengurus Gereja, kemudian kalau bisa dilaksanakan secara daring lebih bagus, beberapa Gereja juga sudah menerapkan seperti itu, mereka ibadah lewat online,”jelasnya.

“Di setiap Gereja kita tempatkan personel untuk pengamanan juga untuk mengingatkan agar mematuhi protokol kesehatan,”lanjutnya.

Dalam Operasi Lilin Palu menjelang Nataru, Polres Palu menempatkan sejumlah Pos Pengamanan (Pospam), Pos Pelayanan (Posyan) dan Pos Terpadu (Posdu).

Terdapat lima Pospam yang ditempatkan Polres Palu yang terdiri dari Pospam di Grand Hero jalan Basuki Rahmat, Pospam di Mahesa tepatnya jalan Pattimura, Posman di depan Transmart jalan Sudirman, Pospam di Hutan Kota Palu, dan Pospam di Palu Grand Mall (PGM).

Sementara, dua Posyan lagi ditempatkan di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri dan di Pelabuhan Pantoloan, untuk memberikan pelayanan kepada pemudik yang datang dari luar daerah. Selain itu, Polres Palu juga menempatkan Posdu di Kecamatan Tawaeli, Kelurahan Pantoloan, dan di Kecamatan Ulujadi, Keluruhan Watusampu. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *