PKBI JMK OXFAM Salurkan Bantuan Modal Usaha dan Peralatan Kepada Korban Bencana Sulteng

oleh -
Sekprov Sulteng, Hidayat Lamakarate yang juga ketua PKBI Sulteng saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada petani garam di Kelurahan Talise, Selasa (2/6/2020). FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) yang tergabung dalam Jejaring Mitra Kemanusiaan (JMK) OXFAM, menyerahkan bantuan modal usaha dan peralatan kepada korban gempa di Sulteng pada 28 September 2018 lalu.

Bantuan modal usaha itu, diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si selaku Ketua PKBI Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bertempat di Kelurahan Talise, Selasa (2/6/2020).

Bantuan modal usaha dan peralatan itu, bertujuan untuk mendukung mata pencarian masyarakat yang terdampak bencana 28 September 2018 di 33 desa/kelurahan Wilayah Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) Sulteng dengan mengikuti protokol Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut, Hidayat Lamakarate menyampaikan bahwa PKBI merupakan organisasi yang dipercaya oleh lembaga-lembaga internasional, sehingga JMK OXFAM melalui PKBI Sulteng selaku mitra, hadir untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

“Bantuan ini dimaksudkan dalam rangka untuk memberdayakan petani garam agar bangkit,”ucapnya kepada petani garam yang juga ikut menerima bantuan untuk wilayah Talise Palu.

Selanjutnya, Hidayat menyampaikan program yang harus didorong ke depan adalah industri olahan dengan harapan dapat meningkatkan produksi dan ekonomi.

Hidayat berpesan agar bantuan dan peralatan yang diberikan dapat dipelihara dengan baik agar bisa membangkitkan ekonomi masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada perwakilan JMK OXFAM atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara Direktur PKBI Sulteng yang juga lead recovery program PKBI JMK OXFAM, Yospina Liku La’bi dalam kesempatan itu mengatakan, setelah penyaluran bantuan modal usaha dan peralatan, nanti akan diberikan pendampingan berupa pelatihan ke masing-masing kelompok yang telah diberikan bantuan.

“Nanti akan ada pendampingan serta pelatikan bagi kelompok yang telah terbentuk,” ujar Yospina.

Adapun bantuan yang diserahkan diantaranya gergaji, sekop, genset dan beberapa jenis bantuan lainnya.

Dalam kegiatan itu hadir pula Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng Drs. Ridwan Mumu, M.Si, Kepala Dinas Nakertrans Sulteng Drs. Arnold Firdaus, MTP, Karo Kesosmasyarakat Dra. Sitti Hasbiah, Kepala Bidan Kelautan Provinsi Sulteng dan Lurah Talise.***

Sember : Humas Protokol Provinsi Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *