Pilgub Sulteng, PDIP Dipastikan Koalisi Bersama Gerindra

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.COM – Gonjang – ganjing terkait sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tengah (Sulteng), kini mulai menunjukan titik terang kemana partai besutan Megawati Soekarno Putri itu akan menjatuhkan pilihannya ke pasangan calon (Paslon) di Pilkada Sulteng.

PDIP dipastikan akan berkoalisi bersama partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan mengusung Hidayat Lamakarate dan Bartholomeus Tandigala.

“PDI Perjuangan akan berkoalisi dengan Gerindra. Kemungkinan pengumaman Agustus ini,” papar Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Sulteng, Lasnardi Lahi saat ditemui di warkop Sudimari K2, Kamis (13/08/2020).

Dia menerangkan, sebagai partai besar yang berada di Sulteng, DPD PDI Perjuangan Sulteng telah melakukan konsolidasi kepada seluruh kader yang berada di kabupaten/kota.

Lasnardi mengungkapkan, sampai saat ini kader PDI Perjuangan yang ada di setiap kabupaten/kota masih menunggu hasil keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan untuk menentukan siapa yang di usung dalam pilkada Sulteng 2020.

“Kader sekarang menunggu kemana arah partai. Apabila sudah ditentukan arah kepada siapa, maka seluruh kader partai wajib memenangkan,” terangnya.

Dia juga menyampaikan, saat ini pengumuman calon kandidat yang bertarung di PDI Perjuangan masuk dalam tahap tiga. Untuk Sulteng kemungkinan akan masuk pada tahap empat.

Dikatakan, untuk partai lain yang akan bergabung dalam koalisi, belum bisa di tentukan, sebab itu akan dipastikan dari kandidat.

“Kalau partai lain, belum tau siapa saja yang akan bergabung. Yang berkapasitas untuk berbicara itu lebih kepada kandidat,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gerindra Sulteng, Abdul Karim Aljufri berkeyakinan untuk bersama-sama dengan DPD PDI Perjuangan Sulteng akan mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng.

Dia menyebutkan, sejak bulan Maret kemarin partai Gerindra sudah menerbitkan rekomendasi bernomor : 03-74/Rekom/DPP-GERINDRA/2020, perihal Rekomendasi Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Periode 2020-2025 yang ditandatangani di Jakarta pada 20 Maret 2020 oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sekjen Ahmad Muzani.

“Rekomendasi itu ditandatangani langsung oleh Ketua Umum partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani. Kemudian rekomendasi itu sudah diberikan kepada DPD Partai Gerindra Sulteng yang selanjutnya diteruskan kepada masing-masing kandidat,” sebutnya.

Abdul Karim juga menambahkan, DPD Partai Gerindra Sulteng akan mengintruksikan kepada seluruh jajaran dan kader yang berada di Sulawesi Tengah dan menjadi kewajiban untuk bekerja bersama-sama dengan PDI Perjuangan yang nantinya akan berkoalisi dalam pilkada Sulteng.

“Seluruh kader Gerindra yang berada di kabupaten/kota Sulawesi Tengah harus memenangkan pasangan calon Hidayat lamakarate dan Bartholomeus tandigala,”tambahnya.

Dia juga menuturkan, pihaknya bisa mengklaim terkait dengan koalisi Gerindra dan PDI Perjuangan untuk mengusung pasangan calon gubernur dan berkolaborasi dalam pemenangan.

“Kita juga bisa mengklaim bahwa PDI Perjuangan akan berkoalisi dengan Gerindra. Jadi omongan orang yang di luar itu bahwa PDI Perjuangan tidak akan berkoalisi dengan Gerindra itu hanya bualan,” tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *