Pilbub di Tolitoli Tak Ada Calon Perseorangan

oleh -

Komisioner Tolitoli saat menyampaikan keterangan pers belum lama ini. FOTO : IST

TOLITOLI SULTENGNEWS.COM – Pemilihan Bupati (Pilbub) dan Wakil Bupati di Kabupaten Tolitoli tak ada calon perseorangan yang mendaftar hingga batas akhir pemasukan berkas dukungan pada 23 Februari 2020.

“Pilkada serentak tahun ini, tidak ada satupun dari non partai yang menyetorkan dokumen di KPU hingga tahapan penyerahan dokumen calon perseorangan ditutup,” kata divisi teknis penyelenggara Pemilu KPU Tolitoli, Alisman di kantornya, Senin (24/02/2020).




Dikatakan, setiap pasangan calon yang berasal dari perseorangan dipersyaratkan paling tidak medapatkan dukungan 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang penyebarannya ada di enam kecamatan.

“Kalau DPT Tolitoli 149.440, maka pasangan calon dari perseorangan tersebut harus mendapat dukungan sebanyak 14.944 pemilih,” jelas Alisman.

Dari jumlah persyaratan itu, tidak satupun pasangan calon dari perseorangan yang berminat untuk pendaftar menjadi calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Tolitoli pada periode ini.




Menurut Alisman, dimungkinkan hanya ada dua hal yakni tingkat kepercayaan masyarakat terhadap partai politik dinilai cukup baik atau karena ketidak mampuan mengumpulkan dukungan 10 persen dari jumlah DPT Tolitoli.

“Tahapan penyerahan berkas dari pasangan perseorangan di KPU dimulai pada 19 Februari, penutupannya tanggal 23 Februari disaksikan pihak Bawaslu,” tutup Alisman. LAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *