Pesan Gunawan: Tidak Ada Lagi Sampah Berserakan di Lingkungan Pasar Inpres Manonda Palu

oleh -
Tim Satgas Adipura Tahun 2022 khusus di pasar, berkeliling dan melihat langsung area pasar Inpres Manonda Palu, Kamis (14/7/2022) pagi. FOTO : Mohammad Rizal/SultengNews.com

Saat Sosialisasi Tim Satgas Adipura Kepada Seluruh Pedagang Yang Berjualan

PALU, SULTENGNEWS.COM – Sosialisasi Tim Satgas Adipura yang dikoordinir langsung dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palu, dihadiri petugas Satpol-PP Kota Palu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, Korcam, Kelurahan, Kecamatan, TNI/Polri, Mahasiswa Magang Untad, di lokasi pasar Inpres Manonda Palu, menekankan kepada seluruh OPD terkait untuk bekerjasama menata lokasi pasar agar tidak ada lagi sampah yang berserakan.

Arahan dari Koordinator Tim Satgas Adipura Gunawan, kepada seluruh Tim Satgas Adipura di lokasi Pasar Inpres Manonda Palu, Kamis (14/7/2022).
FOTO : Mohammad Rizal/SultengNews.com

Dalam pelaksanaan sosialisasi yang pertama kali sejak dibentuknya Tim Satgas Adipura kota Palu tahun 2022 ini, berkeliling dan melihat langsung, tempat usaha pedagang yang berjualan, untuk terus mengingatkan serta akan melakukan tindakan, jika nantinya pedagang yang telah disampaikan dalam sosialisasi tidak menaati atas seluruh aturan yang telah diberlakukan.

Beberapa poin yang harus diatati oleh pedagang yang berjualan setiap harinya di pasar Inpres Manonda Palu untuk menata pasar sebagai bagian dari penilaian Adipura 2023 ialah, sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Pasar Disperindag Kota Palu Gunawan sebagai Koordinator Tim Satgas Adipura khusus Pasar, ialah, Ada 11 indikator yang harus dipenuhi diantaranya tidak ada sampah yang berserakan pada saat beraktivitas, penataan pasar, harus ada tempat sampah di tempat usaha pedagang, serta tidak ada lagi sampah di dalam drainase di sekitar lingkugan pasar Inpres Manonda Palu.

Kegiatan peninjauan dilokasi pasar sambung Gunawan, terus dilakukan setiap harinya oleh seluruh instansi terkait yang telah disesuaikan dengan tugas dan tupoksinya masing-masing.

“Tentunya, ini akan bertahap kita lakukan sesuai dengan tugas dan tupoksi kita masing-masing.  Dinas Perhubungan, menata parkir yang ada kemudian petugas parkir menjaga area parkir dengan kebersihananya. Pihak kecamatan, akan menfokus kegiatan-kegiatan di pasar inpres ini untuk terus menjaga kebersihannya setiap hari begitupula dengan pihak kelurahan,” ungkap Gunawan kepada SultengNews.com saat ditemui langsung di lokasi pasar Inpres Manonda Palu, Kamis (14/7/2022).

“Sesuai dengan arahan wali kota Palu juga, tidak ada lagi yang berjualan menggunakan trotoar, harus masuk ke dalam dan berjualan di dalam,” sambung dia.

Katanya menambahkan, jika nantinya pedagang setelah dilakukan sosialisasi, teguran namun tidak mengindahkan, tentunya ada sanksi-sanksi tegas yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu.

“Sanksinya kalau melanggar, tempat usahanya kita akan tutup terlebih dahulu kalau tidak mematuhi aturan,” jelasnya.

Tim Satgas Adipura khusus menangani di pasar, ada lima titik pasar yang menjadi titik sosilisasi Adipura, diantaranya Pasar Inpres Manonda Palu, pasar Mamboro, Pasar Tavanjuka, Pasar Bambaru dan pasar Masomba.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.