Perpustakaan UIN Datokarama Palu Asah Kemampuan Mahasiswa Berwirausaha

oleh -
UIN Datokarama Palu
Kepala UPT Perpustakaan UIN Datokarama, Rifai, di Kota Palu saat workshop literasi kewirausahaan Rifai, Rabu (01/05/2024). FOTO : HUMAS UIN DATOKARAMA PALU

PALU, SULTENGNEWS.COM – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama mengasah kemampuan mahasiswa/mahasiswi perguruan tinggi negeri tersebut untuk memiliki kemampuan membangun usaha atau berwirausaha.

Kepala UPT Perpustakaan UIN Datokarama, Rifai, di Kota Palu mengemukakan, upaya mengasah kemampuan mahasiswa/i berwirausaha, merupakan amanah Peraturan Perpustakaan Nasional Nomor 3 Tahun 2023 yang menekankan tentang transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, kearifan lokal dan kewirausahaan.

“Hal ini juga sebagai upaya percepatan pencapaian target visi UIN Datokarama yang juga menekankan pada aspek kewirausahaan,” ucap Rifai, pria ramah jebolan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), , Rabu (01/05/2024).

Rifai mengatakan ba upaya mengasah kemampuan mahasiswa/i berwirausaha, dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan UIN Datokarama melalui workshop literasi kewirausahaan, yang mengusung tema “merajut keselarasan koperasi dan UMKM dalam bingkai transformasi literasi tumbuhkan kewirausahaan dengan pola kemitraan”.

Workshop ini melibatkan 80 mahasiswa/i UIN Datokarama dari berbagai fakultas, sebagai peserta kegiatan.

Rifai menerangkan bahwa sesuai amanah Peraturan Perpustakaan Nasional Nomor 3 Tahun 2023, bahwa Perpustakaan harus menggencarkan literasi kewirausahaan, yang dapat diimplementasikan melalui berbagai kegiatan.

Literasi kewirausahaan, sebut dia, menjadi satu pendekatan dalam membentuk dan mengembangkan kemampuan mahasiswa/i UIN Datokarama dalam melihat peluang usaha, saat ini dan akan datang.

“Hal ini sebagai satu proses berkelanjutan, yang tujuannya untuk membangun kemandirian mahasiswa/i, sekaligus sebagai upaya pengentasan pengangguran terintegrasi kemiskinan,” ujarnya.

“Dan pada kegiatan ini, mahasiswa/i langsung melaksanakan praktek kewirausahaan, yaitu mengelola beberapa varian rasa kopi Sulteng,” sebutnya.

Oleh karena itu, kata dia, di dalam proses pelaksanaan workshop literasi kewirausahaan, juga dirangkaikan dengan  penandatanganan perjanjian kerja sama  antara Dinas Koperasi Provinsi Sulteng dan Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN-DK Palu.

Dari kerja sama itu, target yang ingin dicapai yaitu terbentuknya cafe agen literasi perpustakaan, lahirnya inkubator bisnis pemula bagi mahasiswa, adanya legalitas suatu badan usaha koperasi bagi mahasiswa pelaku usaha.

UPT Perpustakaan UIN Datokarama menghadirkan narasumber di antaranya Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi Provinsi Sulteng,  bersama Konsultan UMKM Sulawesi Tengah, And Ferri Novrianto, Ketua LP2K Palmtree Institute Sulawesi Tengah, dan Pegiat Kewirausahaan UMKM Kota Palu Maulidi Pohan.

Sumber: UIN Datokarama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.