Penyiraman Jalan Tolambu, Adhi Karya Hanya Berkoordinasi Dengan Pihak Kelurahan

oleh -
Proyek pembangunan gedung Anutapura Medical Center (AMC) Rumah Sakit Anutapura Palu telah berjalan sejak Mei 2022 lalu. FOTO : SULTENGNEWS.COM/MAHFUL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Proyek pembangunan gedung Anutapura Medical Center (AMC) Rumah Sakit Anutapura Palu yang kini efektif berjalan kurang lebih tiga bulan, kini mulai menimbulkan riak – riak dari warga sekitar proyek serta Dinas  Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu.

Warga disekitar proyek, mulai mengeluhkan adanya debu sebagai akibat dari pengerjaan proyek serta hilir mudiknya kendaraan proyek yang melintasi Jalan Tolambu dan Jalan Kangkung.

Sebagai antisipasi dari debu itu, pihak Adhi Karya sebagai pelaksana proyek telah melakukan penyiraman jalan tiga kali sehari agar debu tidak mengganggu aktivitas warta sekitar proyek.

“Kita selalu siram jalan sampai tiga kali sehari, agar debu tidak mengganggu warga sekitar,” ujar salah satu koordinator pekerja PT Adhi Karya, Poniman saat ditemui di lokasi proyek.

Sayangnya, penyiraman jalan yang dilakukan PT Adhi Karya ini, rupanya belum dikoordinasikan dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu sebagai pihak yang bertanggungjawab atas jalan yang dilalui kendaraan proyek PT Adhi Karya.

Hal ini diakui langsung Kepala Dinas PUPR Kota Palu, Singgih B Prasetyo saat dihubungi wartawan terkait kegiatan penyiraman jalan oleh PT Adhi Karya.

“Saya belum tahu dan belum dilaporkan kalau ada tindakan penyiraman aspal seperti yang dilakukan PT Adhi Karya,” ujar Singgih B. Prasetyo seperti dilansir media.alkhairaat.id pada 4 Agustus 2022.

Atas pernyataan Kepala Dinas PU Kota Palu itu, Engineering Manager PT Adhi Karya Pelaksana Proyek AMC RS Anutapura Palu, Udah yang ditemui langsung di lokasi proyek mengaku belum mengetahui persip permasalahan yang telah mencuat ke media ini.

“Saya baru satu minggu disini pak, jadi belum banyak tahu persoalan. Saya juga masih melakukan koordinasi secara internal,” ujar Udha kepada wartawan di lokasi proyek AMC RS Anutapura Palu, Jumat (5/8/2022).

Sementara salah satu koordinator pekerja, Poniman yang juga hadir saat wartawan bertemu Engineering Manager PT Adhi Karya, Udah menjelaskan, pihak PT Adhi Karya telah melakukan koordinasi terkait penyiraman jalan itu ke pihak kelurahan.

“Sebelum proyek ini dimulai, kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak Kelurahan Donggala Kodi, pihak Polsek serta warga sekitar proyek. Penyiraman yang kami lakukan tiga kali sehari itu, sudah dikoordinasikan kepada pihak kelurahan,” jelasnya.

Dia mengaku, selama proyek itu berjalan hanya segelintir saja masyarakat yang terkadang melakukan protes seperti debu dan bising. Tapi itu pada saat awal – awal proyek. Namun setelah diberikan penjelasan, semua sudah paham terkait keberadaan proyek ini.

“Kami juga sering melakukan pertemuan dengan warga, pihak kelurahan dan juga dari pihak polsek,” paparnya.

Ketika disinggung bagaimana koordinasi ke Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dalam hal ini Dinas PU Kota Palu, baik Poniman maupun Udah agak sedikit bingung terkait koordinasi itu.

“Intinya kami telah berkoordinasi dengan pihak kelurahan tempat proyek ini, serta ke pihak polsek,” tandasnya. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.