Pensiun dari TNI, Mantan Danramil Bangun Masjid

oleh -
SAFRUDIN MENGINSPIRASI : Mantan Danramil Petasia, Kapten Pudin Rola saat berada di depan Masjid Al Islah.

SULTENGNEWS.COM,MORUT – Purna dari tugasnya di militer, Kapten Pudin Rola, mewakafkan dirinya untuk agama. Mantan Danramil Petasia itu, kini lebih sering menghabiskan waktunya mengawasi pembangunan masjid Al Islah, di Desa Molino, Kabupaten Morowali Utara.

Selama bertugas di TNI, Kapten Pudin Rola sudah malang melintang di beberapa lokasi dan jabatan berbeda di kesatuan TNI. Pernah menjabat Danramil di Ampana, Poso serta menjadi sebagai perwira penghubung (Pabung) di Bungku, Kabupaten Morowali, sebelum akhirnya mengakhiri masa tugasnya sebagai Danramil Petasia.

Uang yang dia sisihkan dari gaji selama bertugas, dibelikan tanah yang cukup luas di Desa Molino, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara.

Di atas tanah itu, selain jadi kawasan perkebunan miliknya, sebagiannya diwakafkan untuk pembangunan Masjid Al Islah.

“Saya beri nama Al Islah yang artinya perdamaian. Harapannya, masjid ini menjadi sentral untuk menebar perdamaian bagi masyarakat,” kata Pudin Rola.

Lokasi masjid yang indah itu, tepat di tepi Jalan Trans Sulawesi. Kata Pudin Rola, lokasi masjid terdekat hanya ada di dalam markas Koramil Petasia. Sehingga lanjutnya, dengan kehadiran Masjid Al Islah di Jalan Trans Sulawesi ini, bisa memudahkan masyarakat sekitar dan para pelaku perjalanan yang ingin melaksanakan ibadah.

Dia menjelaskan, pembangunan masjid ini memakan waktu cukup lama. Karena selain keterbatasan anggaran, juga karena mencari bahan keramik terbaik untuk menambah estetika tampilan masjid.

“Kurang lebih sudah lima tahun proses pembangunannya,” kata Pudin Rola lagi.

Ramadan tahun lalu, purnawirawan TNI itu mengatakan, jamaah melakukan buka puasa bersama dan salat tarawih hanya beralaskan terpal di halaman masjid. Hal itu karena Masjid Al Islah saat itu belum bisa digunakan. Kini, prosesnya sudah hampir rampung. Masjid juga sudah digunakan untuk salat berjamaah. Pekerjaan tinggal menyisakan finishing dengan pemasangan keramik mengelilingi bagian luar masjid.

“Ramadan tahun ini kita sudah bisa salat tarawih di Masjid Al Islah. Semoga masjid ini bermanfaat untuk masyarakat. Sebab jika kita hanya urus dunia terus, tidak akan ada habisnya. Kita juga harus kejar akhirat,” tutup Kapten Pudin Rola.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Petasia, Sukriadi, S.Fil.I kepada media ini mengatakan, sosok Kapten Pudin Rola merupakan orang yang humble dan menerima siapa saja.

“Beliau orang yang sederhana baik ketika menjabat sebagai anggota TNI aktif maupun setelah pensiun sosok yang dekat dengan masyarakat dan ramah kepada siapapun,” ujar Sukriadi yang juga Ketua FKUB Morowali Utara. DIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *