Pengalihan Rekening Baru Sebab Keterlambatan Pembayaran Gaji ASN Pemkot Palu

oleh -
Kepala Bidang Akuntansi Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palu, Suradji. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pengalihan rekening baru dalam pembayaran gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Palu, salah satu dari sebab adanya keterlambatan pembayaran gaji di instansi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Palu.

Kepala Bidang Akuntansi Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palu Suradji, menyebut, memang salah satu alasan adanya sedikit keterlambatan dalam pembayaran gaji bagi ASN Pemkot Palu, itu tidak lain sebab mulai awal bulan Februari tahun 2022, tahun ini, Pemkot Palu telah memindahkan rekening baru untuk pembayaran gaji ASN dan tenaga honorer.

Selain dengan penggunaan rekening baru, Suradji juga menjelaskan, adanya keterlambatan disebabkan oleh penggunaan system baru yakni Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), setelah menggantikan sebelumnya aplikasi pembayaran Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) yang dipakai oleh Pemerintah Kota Palu.

“Menyangkut keterlambatan kemarin, karena ada beberapa hal lagi yang harus kita lakukan, penyesuaian-penyesuaian untuk penatausahaannya, pembayarannya,” ungkap Suradji kepada SultengNews.Com, Kamis (17/2/2022).

“Mulai awal bulan Februari ini kita memakai rekening baru untuk bendahara-bendahara OPD. Memang sebahagiaan sudah ada OPD yang telah dibayar dan sebahagiaannya belum. Beberapa dokumen yang ada saat ini dari OPD rencana kita mau kasih lagi ke BRI untuk proses pembayaran,” ujarnya.

“Selain itu karena masalah penggunaan SIPD yang baru dari Kementerian Dalam Negeri. Kemarin, kita sudah paksakan untuk bisa tembus di kegiatan penganggarannya. Dan Alhamdulillah kita sudah bisa cetak dalam buku APBD dengan menggunakan system SIPD,” sambung dia.

Setelah sudah tembus dan bisa menggunakan anggaran melalui aplikasi SIPD, tentunya dia mengharapkan agar tahapan-tahapan pembayaran gaji ASN serta tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kota Palu sudah bisa terealisasi secepatnya.

Namun, yang terpenting itu semua, Suradji menghimbau agar sepatutnya dibutuhkan kerjasama yang baik dengan seluruh instansi OPD Pemkot Palu, bersinergi untuk segera melengkapi seluruh dokumen yang dibutuhkan, agar proses pembayaran dapat disalurkan dengan cepat dan maksimal.

“Insya Allah saya kira kedepannya nanti semuanya bisa lancar, karena hal baru memang jadi bukan berarti kita harus terlambat tetapi memang sudah itu kenyataan yang kita terima. Akan tetapi saya yakin kita bisa, kota Palu bisa, untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan kita selanjutnya (dalam pembayaran),” kata dia.

“Dalam proses gaji ini juga sementara dalam proses audit oleh BPK. Di ranah audit itu ada beberapa permintaan data-data yang diminta oleh BPK. OPD-OPD ini harus mensupport data-data itu, jangan sampai nanti dibilang lagi kita tidak kooperatif dengan pemeriksaan ini. Makanya teman-teman di OPD, ayo sampaikan datamu yang diminta, dengan catatan kalau itu sudah sampai saya proses pembayaran gaji, kita sama-sama berusaha untuk menjadi yang terbaik, khususnya pemerintah kota Palu,” tegas Suradji.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.