Penetapan Hasil Rekapitulasi Suara, KPU Sulteng Masih Tunggu Pemberitahuan dari MK

oleh -
Komisioner KPU Sulteng, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Samsul Y.Gafur, saat ditemui sultengnews, di kantor KPU Sulteng. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Penetapan hasil rekapitulasi suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng) masih menunggu pemberitahuan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Sulteng, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Samsul Y.Gafur saat ditemui sultengnews.com di kantor KPU Sulteng, Kamis (17/12/2020).

“Untuk penetapan hasil itu KPU masih menunggu pemberitahuan yang akan disampaikan Mahkamah Konstitusi kepada KPU yaitu buku register perkara konstitusi, supaya kita tahu siapa sementara mengajukan gugatan jika tidak ada yang mengajukan gugatan, maka bisa langsung ditetapkan pasangan calon terpilih,”ungkapnya.

“Jika ada yang mengajukan gugatan, maka harus sampai selesai putusan Mahkamah Konstitusi baru bisa dilakukan penetapan kepada pasangan calon,”sambung Samsul.

Samsul menerangkan, rata-rata pleno rekapitulasi suara di kabupaten dan kota hampir selesai, kemarin kata dia, Kota Palu masih tersisa 2 kecamatan dan mungkinkan sudah selesai.

Samsul mengatakan, saat ini hasil rekapitulasi suara yang sudah masuk hasil rekapitulasinnya di KPU Sulteng ada dua kabupaten yakni Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Buol, diikuti juga oleh Kabupaten Donggala yang akan segera masuk dan Kabupaten Banggai bersaudara hasil rekapitulasinya juga sudah di dalam perjalanan.

Selanjutnya, kata dia, Kabupaten Poso dan Kabupaten Tojo Una-una akan segera menyusul untuk masuk di KPU Sulteng serta Kabupaten Tolitoli.

“Jadi rata-rata mereka sudah bergerak semua, kotak dan hasil rekapitulasi perhitungan suara di kabupaten sudah dalam perjalanan,”terangnya.

“Yang diserahkan adalah dokumen hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten dan kota yaitu dokumen D hasil kabupaten/kota untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur dan dokumen lainnya, catatan kejadian khusus, keberatan pernyataan saksi, dan daftar hadir pada saat perhitungan surat suara,”pungkasnya.

Diketahui dari tabulasi data resmi KPU tertanggal 17 Desember 2020, pasangan Rusdy Mastura – Ma’mun Amir unggul di 9 wilayah dari 13 Kabupaten/Kota, yaitu Banggai, Donggala, Toli-Toli, Buol, Morowali, Parigi Moutong, Tojo Una-Una, Sigi, dan Kota Palu. Sementara pasangan urut 01 Moh. Hidayat Lamakarate – Bartholomeus Tandigala unggul di 4 (empat) Kabupaten yaitu Poso, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, dan Morowali Utara (Morut).DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *