Penebangan Pohon di Kota Palu, WALHI Sulteng Laporkan Pemkot Ke Ombudsman

oleh -
Direktur Walhi Sulteng, Aris Bira, saat ditemui sultengnews di cafe Kopi Taro Kota Palu. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM-Terkait penebangan pohon di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Wahan Lingkungan Hidup (Walhi) Sulteng sudah melaporkan ke Ombudsman Perwakilan Sulteng.

“Kita tentu akan menempuh proses hukum,”ujar Direktur Walhi Sulteng, Aris Bira, di cafe Kopi Taro, Selasa (10/11/2020).

Dikatakan, proses hukum yang akan dilakukan Walhi Sulteng salah satunya sudah melapor ke Ombudsman, Walhi Sulteng masih menunggu upaya dari mereka dan upaya yang lebih serius akan ditempuh lagi.

“Peluang untuk melakukan gugatan itu ada,”ujarnya.

Terhadap Walikota Palu kedepan, menurut Aris, dibutuh Walikota Palu yang ingin berkomitmen untuk memperbaiki lingkungan dan mengusut tuntas persoalan kesalahan kebijakan dari pemerintahan sebelumnya.

Aris menerangkan, penebangan pohon diduga terjadi mal administari, tentunya, bagi dia, di dalam mal administari itu ada kebijakan yang perlu di koreksi, karena adanya berbagai hal yang dilanggar.

Dia juga menegaskan, penebangan pohon harus mengacu pada undang-undang lingkungan hidup, soal perencanaannya, secara administrasi. Sebab, pihaknya tidak melihat hal itu yang dilakukan Pemerintah Kota Palu.

“Gugatan mal administari ini, berpeluang terhadap pelanggaran yang lebih besar lagi. Penebangan pohon tidak semudah sekedar menebang, namun harus memiliki rujukan yang perlu di siapkan secara matang,”jelasnya.

Dia mengungkapkan, menebang pohon tidak sekedar hanya ketika ingin melakukan pelebaran jalan, kemudian pohon-pohon langsung ditebang, itu tidak langsung dilakukan begitu saja harus melalui proses yang panjang.

Menurut Aris, dalam undang-undang lingkungan hidup, semua ada perencanaan pembangunan dan mengorbankan lingkungan mesti ada kajian lingkungannya.

“Penebangan pohon yang dilakukan Pemerintah Kota Palu, tidak ada perencanaan yang baik,”pungkasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *