Penderita Kanker Serviks di Parimo Kian Mengkhawatirkan

oleh -

Kegiatan pemeriksaan kanker serviks di Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong, Selasa (11/2/2020). FOTO : INTAN ARIF MASILA

PARIMO, SULTENGNEWS.COM – Puskesmas Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan pemeriksaan kanker serviks gratis, Selasa (11/2/2020) di Puskesmas setempat. Pemeriksaan itu dilakukan guna mencegah penyakit terus makin bertambah di masyarakat.




“Penderita kanker serviks di Kabupaten Parimo mengalami peningkatan. Sehingga daerah terutama Dinas Kesehatan Provinsi membuat program pemeriksaan kanker serviks gratis,”ujar Kepala Puskesmas Ampibabo, Isram. SKM.M.Kes usai pelaksanan kegiatan tersebut.

Antusiasme warga begitu besar mengikuti kegiatan tersebut. Hari itu ada 83 wanita Pasangan Usia Subur (PUS) yang ingin diperiksa kesehatan reproduksinya.

“Sebenarnya kami hanya mampu memeriksa 50 orang saja karena keterbasan alat karena alat hanya kami pinjam dari provinsi. Tapi yang datang tadi 83 orang. Terpaksa kami periksa semua. Kami tidak bisa menolak,”ujar dia.
Pemeriksaan akan berlanjut hari Rabu di tempat yang sama. Sehingga total dua hari pemeriksaan kanker serviks dilaksanakan.




“Dari 83 ibu-ibu yang diperiksa tadi. Semuanya dinyatakan negatif. Bebas dari kanker ini,”jelas Isram.
Dikutip dari halodoc.com, penyakit kanker serviks adalah kanker pada sel-sel di luar rahim. Kanker ini terjadi saat sel-sel di rahim atau serviks yang tidak normal berkembang terus tidak terkendali.

Kanker ini menjadi salah satu jenis kanker yang paling banyak menelan korban pada wanita di seluruh penjuru dunia. Menurut data Kementerian Kesehatan RI, ada 15.000 kasus kanker serviks setiap tahunnya yang terjadi di Indonesia. Sayangnya deteksi dini rutin masih belum menjadi perhatian. INT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *