Pemprov Sulteng Siapkan 69 Kamar Untuk Pasien Covid 19

oleh -
Kepala BPSDM Daerah Sulteng, Dra.Novalina Wiswadewa, MM. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), menyiapkan 69 kamar di Wisma Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) sebagai persiapan tempat pasien virus corona atau covid 19.

“Kami BPSDM Daerah Sulteng siap mendukung kebijakan Pemerintah Daerah khusus di Sulteng. Saya kira ini juga menjadi kebijakan nasional bahwa seluruh wisma BPSDM menyediakan tempat untuk menjadi tambahan atau ekstrasi bagi pasien virus corona jika diperlukan,” kata Kepala BPSDM Sulteng, Dra. Novalina Wiswadewa, MM, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/03/2020).

“Semoga saja rumah sakit di Sulteng jangan sampai ada yang terpenuhi oleh sodara-sodara kita yang terkena virus corona, harapannya tidak ada yang terjangkit virus corona,” katanya.

Dia menerangkan, BPSDM telah menyiapkan kamar sebanyak 69. Kamar-kamar itu memiliki penerangan, kamar mandi di dalam dan airnya juga mencukupi, semua itu disediakan untuk mendukung pemerintah dalam rangka tambahan ruangan apabila terdapat pasien virus corona di Sulteng.

“69 kamar itu memiliki kapasitas 2 orang untuk perkamar, tapi kita masih menunggu SOP dari Dinas Kesehatan. Apakah 1 kamar itu untuk dua orang pasien, karena itu kapasitas untuk peserta diklat. Kami belum tau kapasitas untuk kamar dalam penanganan orang sakit,” terangnya.

“Kalau pun satu kamar satu pasien, maka kami akan siapkan satu kamar buat satu orang,” lanjut Novalina.

Dia mengaku, Gubernur Longki Djanggola, sejak kemarin sore sudah memerintahkan dirinya untuk mempersiapkan Wisma BPSDM untuk penanganan pasien virus corona.

“Saya sudah melaporkan ke Pak Gubernur mengenai kesiapan, nanti masih akan diadakan rapat di ruangan gubernur yang juga diikuti dari Dinas Kesehatan,” ujar dia.

“Kadis Kesehatan juga sudah menelepon ke saya, siapa nanti yang akan bertanggungjawab dalam asrama ini. Kami secara internal sudah merapatkan juga nanti sebagai pengelola saya sendiri yang bertanggungjawab dibantu 4 orang lainnya, yang stay mempersiapkan ruangan ini,” tutupnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *