Pemprov Sulteng Harus Siapkan Anggaran Penanganan Covid 19

oleh -
Ketua Fraksi NasDem, Ibrahim A. Hafid (Baju Putih di Tengah) saat meninjauan salah satu pusat penanganan pasien Covid-19. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Ketua Fraksi Nasional Demokrat (NasDem) Sulawesi Tengah (Sulteng), Ibrahim A.Hafid meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng, menyiapkan anggaran untuk penanganan virus corona atau covid 19.

“Begitu pun diharapkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Sulteng agar menyiapkan juga anggaran penanganan covid 19,” ujar Ibrahim A.Hafid kepada sultengnews.com, Kamis (26/03/2020).

Politisi NasDem ini mengatakan, virus corona (Covid-19) merupakan bencana nasional non alam, sama halnya sebagai bencana kesehatan rakyat.

“Olehnya, jika memungkinkan gunakan dana tanggap darurat dalam penanganan pencegahan wabah virus corona (Covid-19),” ucapnya.

Terlebih lagi kata Ibrahim Hafid, saat ini di Sulteng sudah dinyatakan 1 pasien positif terjangkit virus corona (Covid-19), harus ada penanganan secara serius agar tidak berdampak secara luas.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng, segera menyediakan ruang isolasi khusus untuk menangani pasien virus corona sehingga tidak di campur dengan pasien lainnya di rumah sakit yang menderita penyakit umum.

“Pasien yang telah dinyatakan positif di isolasi di ruang khusus yang jauh dari pasien lain dan orang-orang yang berhubungan dengan pasien sebelumnya, segera di lakukan pemeriksaan,” tegasnya.

Ibrahim juga menyayangkan ruangan yang disediakan di gedung Diklat, LPMP, Bapelkes dan beberapa tempat lainnya, belum ada fasilitas kesehatan untuk menyiapkan penanganan pasien virus corona (Covid-19).

“Ada gedung yang disiapkan, tapi belum ada fasilitas kesehatan sebagai kesiap siagaan dalam menangani pasien virus corona, seperti di gedung Diklat, LPMP, Bapelkes, dan beberapa tempat yang lain,” katanya.

Sebelumnya, Ibrahim bersama Yahdi Basma mengunjungi pusat penanganan pasien virus corona (Covid-19) di Sulteng.

Salah satu lokasi yang di tinjau adalah gedung LPM Sulteng sebagai pusat penanganan pasien virus corona (Covid-19) yang ditetapkan oleh Pemprov Sulteng. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *