Pemkot Palu Sediakan WiFi Gratis di 46 Kelurahan

oleh -
PLT Kadis Kominfo Palu, Nathan Pagasongan menyerahkan perangkat akses internet di Kelurahan Mamboro Barat (Foto: Istimewa)

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan fasilitas jaringan internet (WiFi) gratis di 46 Kelurahan se Kota Palu.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Kominfo Palu, Nathan Pagasongan mengatakan, internet gratis tersebut bertujuan memberi akses jaringan secara luas kepada masyarakat di seluruh wilayah Kota Palu.

Menurutnya, titik penempatan modem WiFi diatur masing-masing pemerintah kelurahan untuk menyesuaikan kebutuhan warganya di ruang terbuka.

“Prinsipnya dipasang di ruang terbuka publik agar mudah diakses langsung masyarakat,”kata Nathan Pagasongan, Kamis 7 April 2022.

Semisal penempatan modem WiFi di Kelurahan Mamboro yang diletakkan di ruang pertemuan (Bantaya) kantor kelurahan. Jaringan WiFi gratis di kelurahan ini ujar Nathan kemudian digunakan siswa-siswi salah satu SMP setempat untuk melaksanakan les bahasa Inggris dengan fasilitas WiFi tersebut.

“Selain itu masyarakat juga kerap datang untuk mengakses jaringan internet gratis ini,”jelasnya.

Demikian halnya di Kelurahan Besusu Timur. Fasilitas WiFi bagi publik ini dimanfaatkan para mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas akademik.

Nathan menyebut, setiap kelurahan mendapatkan kuota sebesar 20 MBPS. Masyarakat yang datang pun tidak perlu melakukan log-in menggunakan password.

“Langsung konek ketika mereka berada dalam jangkauan WiFi,”sebutnya.

Layanan fasilitas internet gratis  inipun sebagai bentuk dukungan Pemkot Palu terhadap pendidikan. Karena saat ini Kota Palu masih dalam masa Pandemi Covid-19 yang menyebabkan sejumlah kegiatan belajar mengajar sekolah terpaksa dilakukan secara virtual.

“Nah, murid-murid yang ingin belajar virtual dan kebetulan kehabisan data internet, maka bisa langsung mendatangi kantor kelurahan untuk mengakses internet,”paparnya.

Penyediaan fasilitas jaringan internet gratis bagi masyarakat ini tambah Nathan, mulai dilakukan sejak Februari 2022. Kini, seluruh kelurahan sudah memiliki fasilitas tersebut. Layanan ini merupakan kerjasama Diskominfo Palu dan PT Telkom Indonesia.

“Jadi Diskominfo menyewa bandwidth untuk ini. Semuanya dianggarkan di Diskominfo Palu,”katanya.

Sementara jika terjadi gangguan teknis, pemerintah kelurahan diminta melaporkan hal itu kepada pihak Diskominfo Palu agar secepatnya dikoordinasikan ke pihak PT Telkom untuk dilakukan perbaikan.

Wali Kota jelas Nathan, meminta seluruh pemerintah kelurahan untuk menginformasikan adanya fasilitas tersebut kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing agar masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas internet gratis tersebut sesuai keperluan.

“Karena saat ini Pemkot Palu juga tengah menggalakkan program city smart. Yang diharapkan fasilitas ini bisa mendukung program tersebut,”demikian Nathan.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.