Pemkot Palu Evaluasi Kinerja Satgas K5

oleh -
Suasana rapat evaluasi dan monitoring kinerja Satgas K5 di di Milinium Waterpark, Senin (21/9/20). FOTO : ADHY RIFALDY

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan evaluasi kinerja Satuan Tugas (Satgas) K5 yang berada semua kelurahan.

Evaluasi dan monitoring kinerja Satgas K5 itu, dipimpin Kepala Kesbangpol Kota Palu, Abidin bertempat di Milinium Waterpark, Senin (21/9/20).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi semua kinerja Satgas K5 disetiap kelurahan yang belum dicapai akan di programkan kembali ditahun 2021.

“Evaluasi sejauh mana program yang telah dicapai dan yang mana masih butuh untuk dipoles, kita akan coba akomudir dan diprogramkan ditahun 2021,” ujar Abidin.

Walikota Palu, Drs. Hidayat, M.Si yang ikut hadir dalam sambutannya mengungkapkan, Satgas K5 yang berada di Kota Palu sudah kurang lebih 3 (tiga) tahun bersamaan dengan pembentukan peraturan pemerintahan daerah (Perda) nomor 9 tahun 2016 tentang kelembagaan adat kaili di Kota Palu.

“Pada umumnya, Satgas K5 mempunyai peran penting di tengah – tengah masyarakat kita. Satgas K5 kata orang nomor satu di Kota Palu,” ujar Wali Kota.

Kepala Badan Kesbangpol, Abidin menjelaskan kendala-kendala selama ini terkait penanganan yang sudah harus ditangani oleh pihak aparat seperti kepolisian dan kejaksaan, tetapi jika masih bisa diskusikan antar pihak keluarga itu bisa diserahkan kelembagan adat untuk dicari penyelesaiannya.

Satgas K5 ini, tediri dari beberapa unsur yakni tokoh – tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, serta TNI dan Polri.

Abidin menambahkan, dengan munculnya Covid-19 membuat Satgas K5 membuat pekerjaannya menjadi lebih meningkat dari sebelumnya. Ini dikarenakan Satgas K5 turun langsung membantu di wilayah kelurahan masing-masing.

“Harapan kami, dengan keberadaan Satgas K5 ini, perlu dipertahankan karena ini bisa membantu masyarakat dimasing-masing kelurahan,” tutup Kesbangpol. RDL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *