Pemkot Palu Akan Lakukan Penyemprotan di Mesjid dan Pasar

oleh -
Kepala Dinas (Kadisperindag) Palu, Syamsul Saifudin. FOTO : MOH. NURFIANSYAH

PALU,SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, terus melakukan upaya untuk mencegah penularan virus corona atau covid-19. Melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Palu, rencananya akan melakukan penyemprotan ke seluruh mesjid-mesjid dan pasar-pasar yang ada di Kota Palu.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas (Kadisperindag) Palu, Syamsul Saifudin kepada Sultengnews.com saat ditemui diruang kerjanya, Senin (23/03/2020).

“Untuk saat ini, Pemkot Palu bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) akan terus melakukan upaya untuk mencegah penyebaran virus corona dengan cara penyemprotan di area mesjid dan pasar-pasar yang ada di Kota Palu. Isu yang beredar di masyarkat terkait penutupan pasar, saya tegaskan tidak ada penutupan pasar di Kota Palu. Yang ada itu penyemprotan pasar,” tuturnya.

Dikatakan, Pemkot Palu tidak akan melakukan lock down jika masih ada cara yang lebih baik untuk mencegah penularan corona.

“Ekonomi kita akan kacau jika dilakukan lock down, maka dari itu Pemkot Palu akan melakukan pencegahan penularan virus corona dengan baik tanpa adanya lock down,” ujarnya.

Dia mengatakan, saat ini Pemkot Palu masih berusaha mendatangkan rapites atau alat pendeteksi virus.

“Pemkot Palu berupaya mendatangkan rapites yaitu alat pendeteksi virus. Pokoknya virus apa saja bisa dideteksi alat ini, walaupun bukan virus corona, misalnya terdeteksi orang kena virus flu maka akan dirawat juga,” katanya.

Selain melakukan penyemprotan di Pasar-pasar, para pedagang juga akan diberikan masker dan kaos tangan.

“Selain penyemprotan, akan kami berikan kepada para pedagang masker dan menghimbau kepada mereka untuk tetap hidup sehat,” jelasnya.

Dia berharap, masyarakat yang mengalami gejala-gejala covid-19 agar memeriksakan diri ke Rumah Sakit (RS) Anutapura Palu yang telah bekerja sama dengan Pemkot Palu.

“Yang mengalami gejala virus corona, bisa memeriksakan diri ke RS Anutapura Palu secara gratis. Selain RS Anutapura, Pemkot Palu masih berusaha untuk bekerja sama dengan seluruh Puskesmas yang ada terkait pemeriksaan masyarakat yang mengalami gejala virus corona,” tutupnya. MAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *