Pemkot Bersama DPRD Palu Setujui Raperda Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Retribusi Umum

oleh -
Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido saat menandatangani berita acara persetujuan DPRD Palu terkait Raperda Nomor 8 Tahun 2021 tentang Retribusi Umum pada siding paripurna DPRD Palu, Senin (10/1/2021). FOTO : HUMAS PEMKOT PALU

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bersama DPRD Kota Palu menyetujui bersama Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan ke-5 atas Peraturan Daerah (Perda) nomor 8 tahun 2011 tentang retribusi jasa umum.

Persetujuan kedua lembaga itu, ditandai dengan penandatangan berita acara persetujuan antara Pemkot Palu diwakili Wakil Wali Kota (Wawali) Palu dan Wakil Ketua DPRD Palu pada rapat paripurna penyampaian pendapat akhir Wali Kota Palu atas Ranperda tersebut di Ruang Sidang Utama DPRD Palu, Senin (10/1/2022).

Dalam kesempatan itu, Wawali dr Reny A Lamadjido dalam sambutannya mengatakan, pembahasan Ranperda berjalan cukup panjang sejak dari tingkat Badan Musyawarah (Banmus) hingga pembahasan ketingkat Panitia Khusus (Pansus).

Pembahasan yang panjang itu menurutnya, agar Ranperda tersebut dapat mencapai rancangan yang terbaik. Karena itu, setiap proses pembahasan yang dilakukan bersama pihak terkait, harus dihargai dan diapresiasi

“Kami sangat mengapresiasi atas persetujuan dan pendapat fraksi atas Ranperda Nomor 8 tahun 2011 ini, karena telah menerima Ranperda tersebut untuk dijadikan sebagai Perda dengan beberapa catatan dan saran,” kata Wawali.

Wawali menyampaikan, draft Ranperda itu akan segera disampaikan kepada gubernur untuk kepentingan evaluasi, registrasi dan penomoran Perda.

Sesuai ketentuan yang ada, evaluasi dilakukan untuk menyampaikan hal-hal terkait unsur pemungutan dan kesesuaian materi Ranperda dengan undang-undang cipta kerja dan undang-undang terkait lainnya di atasnya.

“Pemerintah daerah yang mengajukan evaluasi kepada gubernur, untuk disampaikan secara pararel kepada menteri dalam negeri dan menteri keuangan,” paparnya.

Wawali juga juga menyampaikan terima kasih kepada Pansus yang telah membahas Raperda dengan sungguh – sungguh. Apalagi dalam pembahasannya sudah pasti menyita waktu,tenaga dan pikiran sehingga melahirkan gagasan dan pokok pikiran yang cerdas yang dituangkan dalam Raperda yang telah disetujui itu.

“Alhamdulilah dengan kerja keras semuanya, maka Ranperda ini bisa diterima dan disetujui bersama hingga diajukan kepada gubernur untuk dievaluasi,” tandasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.