Pemkab Sigi Genjot Inovasi Dalam Semua Bidang

oleh -

Para peserta bursa inovasi desa berpose bersama Bupati Sigi, Moh Irwan S.Sos.,M.Si sesaat setelah pembukaan dilakukan. FOTO : ZAINUL ARIFIN/SN

SIGI, SULTENGNEWS com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, saat ini menggenjot seluruh steckholder untuk melakukan perubahan dalam bentuk inovasi, baik itu inovasi berbasis teknologi pertanian dan perkebunan, home industri, hingga inovasi dalam bentuk pariwisata.

Hal itu disampaikan Bupati Sigi, Mohamad Irwan S.Sos MSi, dalam sambutannya ketika membuka Bursa Inovasi Desa yang dilaksanakan di Desa Potoya Kecamatan Dolo, Rabu 24/07/2019 bertempat di Gedung Belo Rapovia Belo Rakava.

“Inovasi bukanlah hal yang sekali timbul, tapi ia akan berulang-ulang terus menerus sehingga ia akan menjadi kekuatan dalam masyaraka,” ujar Bupati Irwan mengutip kata-kata seorang ahli dari Jepang dalam sambutannya itu.

Bupati mengharapkan agar setiap desa mampu melakukan perubahan dalam berinovasi mengembangkan karya dan kreativitasnya

Bupati Sigi, Moh. Irwan S.Sos.,M.Si saat menyampaikan sambutan.

“Saya mengharapkan kedepan agar desa menjadi kekuatan, dan Kepala Desa harus menjadi ruang perubahan, karena tugas kita mencari masyarakat yang mampu melakukan inovasi dan perubahan tersebut,” terangnya.

Mantan Kepala BKD Donggala ini mencontohkan, bagaimana kortila (Makanan Ringan. red) yang sejak awal kemunculannya menjadi bahan ejekan, akan tetapi kortila telah mengangkat predikat Kabupaten Sigi di iven-iven pameran, baik di provinsi maupun tingkat nasional,

“Kalau kita kita yang hadir saat ini uang senilai 50 ribu itu mungkin tidak punya nilai apa apa, tapi bagi masyarakat kecil uang sejumlah itu sangat mempunyai nilai untuk mereka” imbuhnya.

Bupati mencontohkan, ada salah seorang warga di Desa Sejahtera dan Desa Berdikari Kecamatan Palolo telah berhasil mengembangkan prodak inovasi dalam bentuk produk olahan rumah tangga ( home industri ) dan sekarang pendapatannya kurang lebih enam juta rupiah perbulan, dan itulah inovasi.

Dalam bursa inovasi desa tahun 2019 kali ini, dibagi dalam beberapa cluster, sedang yang ikut pada pembukaan bursa inovasi desa hari ini adalah cluster 2. Terdiri dari Kecamatan Dolo, Dolo Barat, dan Kecamata Dolo Selatan serta 36 desa terdiri dari Kades, BPD serta perwakilan LPM. Demikian disampaikan ketua Panitia Moh Ikbal cluster 2 bursa inovasi desa tahun 2019.

Pada acara tersebut hadir pula mendampingi Bupati Sigi, Kepala Dinas PMD Sigi Anwar S.Sos MSi beserta Opersinal Prangkat Daerah (OPD) lainnya. Hadir pula Camat Dolo, Camat Dolo Barat, Camat dan Dolo Selatan.

“semoga kabupaten sigi menjadi kabupaten yang maju mandiri berbasis ekonBURSA INOVASI DESA KABUPATEN SIGI 2019

Sigi, SultengNews.com. Pemerintah Kabupaten Sigi saat ini menggenjot seluruh steckholder untuk melakukan perubahan dalam bentuk inovasi,baik itu inovasi berbasis teknologi pertanian dan perkebunan,home industri,hingga inovasi dalam bentuk pariwisata. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan S.Sos MSi, dalam sambutannya ketika membuka Bursa Inovasi Desa yang dilaksanakan di Desa Potoya Kecamatan Dolo, rabu 24/07/2019 bertempat digedung Belo Rapovia Belo Rakava.
Dalam sambutannya Bupati mengutip salah satu Ahli dari Jepang mengatakan
” Inovasi bukanlah hal yg sekali timbul tapi ia akan berulang ulang terus menerus sehingga ia akan menjadi kekuatan dalam masyarakat”

Ia pun mengharapkan agar setiap Desa mampu melakukan perubahan dalam berinovasi mengembangkan karya dan kreativitasnya

“saya mengharapkan kedepan agar Desa menjadi kekuatan, dan Kepala Desa harus menjadi Ruang Perubahan, dan tugas kita mencari masyarakat yg mampu melakukan inovasi dan perubahan tersebut”.

Mantan Kepala BKD Donggala itu mencontohkan bagaimana KORTILA (makanan ringan red) yang sejak awal kemunculannya menjadi bahan ejekan akan tetapi kortila telah mengangkat predikat Kabupaten Sigi di iven iven pameran, baik di Provinsi maupun tingkat Nasional,

“kalau kita kita yg hadir saat ini uang senilai 50 ribu itu mungkin tidak punya nilai apa apa.! Tapi bagi masyarakat kecil uang sejumlah itu sangat mempunyai Nilai untuk mereka” imbuhnya.

Beliau mencontohkan “ada salah seorang warga di Desa Sejahtera dan Desa Berdikari Kecamatan Palolo telah berhasil mengembangkan prodak inovasi dalam bentuk produk olahan rumah tangga ( home industri ) dan sekarang pendapatannya kurang lebih enam juta rupiah perbulan, dan itulah inovasi. Pungkasnya

Dalam Bursa Inovasi Desa tahun 2019 kali ini, dibagi dalam beberapa Cluster, sedang yang ikut pada pembukaan Bursa Inovasi Desa hari ini adalah Cluster 2. Terdiri dari Kecamatan Dolo, Dolo Barat, dan Kecamata Dolo selatan, serta 36 desa terdiri dari Kades BPD serta perwkilan LPM demikian disampaikan oleh ketua Panitia Moh Ikbal Cluster 2 bursa inovasi Desa tahun 2019.

Pada acara tersebut hadir pula mendampingi Bupati Sigi, Kepala Dinas PMD Sigi Anwar S.Sos MSi beserta Opersinal Prangkat Daerah (OPD)lainnya. Hadir pula camat Dolo, Camat Dolo Barat, Camat dan Dolo Selatan.

“Semoga Kabupaten Sigi menjadi kabupaten yang maju mandiri berbasis ekonomi kerakyatan seperti visi bupati kami Mohamad Irwan S.Sos MSi,” ujar salah seorang pendamping Desa Dolo Selatan dalam doa-nya saat didaulat membacakan doa di akhir kegiatan. NUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *