Pemkab Sigi Bangga Atas Prestasi Desa Rahmat dalam Lomba Antar Desa

oleh -

SIGI, SULTENGNEWS.COM- Mewakili Bupati Sigi Irwan Lapatta, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir menghadiri kegiatan penilaian lomba desa tingkat provinsi Sulawesi tengah bertempat di halaman kantor Desa Rahmat Kecamatan Palolo, Kamis (23/6/22).

Dalam sambutan bupati Sigi yang disampaikan Sekretaris Daerah (Setda) Sigi, Setda Sigi Muh. Basir, menyampaikan, pemerintah kabupaten sangat bangga serta mengapresiasi atas hasil penilaian yang dicapai oleh desa Rahmat kecamatan Palolo, dengan meraih lomba desa tingkat kabupaten sehingga meraih juara I pada tahun ini.

“Keberhasilan yang telah dicapai tidak boleh menjadi akhir dari proses kegiatan pembangunan dan partisipasi  masyarakat dalam membangun desa,” kata Basir kepada SultengNews.com, belum lama ini.

“Tetapi apa yang dicapai perlu terus dikembangkan, dilakukan secara berkesinambungan guna memacu semangat para aparat desa serta partisipasi masyarakat dalam membangun desa,” sambung Basir.

“Keberhasilan ini patut kita syukuri dan dijadikan motivasi untuk menjadikan desa lebih berkembang lagi dan dapat dijadikan contoh bagi desa-desa lainnya baik di wilayah kecamatan ini dan di kecamatan lainnya,” katanya menambahkan.

Kemudian, ia berharap agar lomba desa bukan hanya dijadikan sebagai kegaiatan tahunan yang bersifat seremonial dan kebiasaan belaka untuk mendapatkan hadiah.

Akan tetapi perlombaan Desa dijadikan sebagai pendorong motivasi  pemerintah desa dan seluruh masyarakat untuk menumbuhkembangkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam setiap bentuk pembangunan kegiatan.

“Dengan didasari atas semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan dan kegiatan ini juga sebagai bentuk tugas implementasi tugas Kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan  kemasyarakatan, sebagaimana diamanatkan dalam pasal undang-undang nomor 6 tahun 2016 tentang desa,” pesan Basir.

Wakil Ketua II TP-PKK Provinsi Sulawesi tengah menambahkan, kegiatan lomba desa adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan di setiap tahunnya.

Akan tetapi 2 tahun belakangan tidak terlaksana, hal tersebut dikarenakan adanya pandemi covid 19, sehingga ia mengatakan kegaiatan penilaian lomba desa kali ini bukan hanya kegiatan-kegiatan desa yang menjadi penilaian, namun 10 program PPK juga menjadi hal terpenting dalam penilaian lomba desa ini.

Sementara Mewakili Gubernur Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Pemerintahan dan Desa Provinsi Sulawesi Tengah drs. Mohammad Nadir, membacakan dan sekaligus membuka secara resmi penilaian lomba desa tingkat provinsi Sulawesi Tengah, dengan menyampaikan bahwa pelaksanaan lomba desa bertujuan untuk  mengevaluasi dan mendorong pemerintah desa untuk melihat sejauh mana pelaksanaan dibidang administrasi pemerintahan, bidang kewilayahan, bidang kemasyarakatan dan inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh pemerintah desa.

Selanjutnya beliau berharap, semoga Desa Rahmat bisa terpilih menjadi juara tingkat provinsi dan selanjutnya bisa bersaing di tingkat regional hingga nasional nantinya.

Dalam pelaksanaan lomba desa, yang hadir dalam kegiatan tersebut ialah Ketua TP-PKK Kabupaten Sigi, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sigi, Kepala BPBD Kabupaten Sigi, Anggota Pansus DRPD Kabupaten Sigi, Camat Palolo, Camat Nokilalaki, Camat Gumbasa, Ketua TP-PKK Kecamatan Palolo, Babinsa, Babinkantibmas, para tokoh dan para Kepala desa Se-Kecamatan Palolo.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.