Pemkab Sigi Akan Terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

oleh -

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Sigi, Ir. Iskandar Nongtji saat menyampaikan sambutan mewakili Bupati Sigi pada acara FGD di cafe puncak Kalora, Kamis (25/7/2019). FOTO : MAHFUL/SN

SIGI, SULTENGNEWS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, berkomitmen untuk menyelenggarakan sistem pemerintahan sesuai amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Sebagai tindak lanjut dari Perpres Nomor 95 tahun 2018, Pemkab Sigi sedang merancang Peraturan Bupati (Perbub) tentang penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkup Pemkab Sigi.

Untuk mematangkan rancangan Perbub SPBE, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sigi menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) di cafe puncak Kalora, Kamis (25/7/2019).

Kegiatan FGD itu, dibuka Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Sigi, Ir. Iskandar Nongtji mewakili Bupati Sigi yang tidak sempat hadir.

Dalam sambutannya, Bupati Sigi Irwan Lapata yang dibacakan Asisten II menyampaikan, adanya Perpres Nomor 95 Tahun 2018 membuat Pemkab Sigi harus segera membuat Perbub tentang SPBE untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Hal itu perlu kata Bupati, sehingga penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE baik instansi pusat, pemerintah daerah, aparatur sipil negara, perorangan, masyarakat, pelaku usaha, maupun pihak lainnya, bisa terlaksana secara baik dengan prinsip efektif, keterpaduan, kesinambungan, efisien, akuntabilitas dan keamanannya.

“Penerapan SPBE terintegrasi di seluruh instansi pemerintah, merupakan keharusan bukan lagi sekedar pilihan,” kata bupati dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, bupati menegaskan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai penyelenggara pemerintahan untuk tidak lagi menunda-nunda pelaksanaan SPBE. Tentu saja harus bekerjasama dan membangun sinergitas dengan stakeholders dan masyarakat luas agar penerapan SPBE ini dapat berjalan efektif di Kabupaten Sigi.

“Komitmen Pemkab Sigi mewujudkan Good Government merupakan suatu tekad yang memerlukan kerja keras dan akselerasi yang cepat dari pimpinan daerah. Salah satu media untuk mendukung hal tersebut, adalah penerapan e-Government melalui SPBE dalam pengelolaan pemerintahan disegala sektor secara efektif dan efesien melalui Teknologi Informasi (IT),” terang bupati.

Melalui FGD itu, bupati berharap dapat menghasilkan pemikiran pada rancangan Perbub SPBE, karena Perbub selanjutnya akan menjadi payung hukum pengembangan SPBE di Pemkab Sigi kedepannya.

“Tata kelola SPBE akan memiliki kerangka kerja yang memastikan terlaksananya peraturan, pengarahan dan pengendalian dalam penerapan SPBE secara terpadu,” tandas bupati.

FGD yang dimulai pukul 10.00 Wita, dihadiri pimpinan OPD di lingkup Pemkab Sigi, para stakeholdes, serta perwakilan organisasi pers yang di hadiri PWI Sulteng.
Sementara narasumber yang hadir diantaranya Kadis Kominfo Sigi Dr. H. Anas Yalitoba, perwakilan BPK dan perwakilan Ombusdmas Sulteng. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *