Pemdes Palasa Lakukan Penggalian Gagasan di Setiap Dusun

oleh -
Kades Palasa, Asalin saat memberikan sambutan. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PARIMO,SULTENGNEWS.COM- Pemerintah Desa (Pemdes) Palasa melakukan penggalian gagasan di setiap dusun sebagai langkah untuk menjalankan program kerja di masa jabatan Kepala Desa (Kades) Palasa, Asalin yang terpilih kembali periode Tahun 2021 sampai 2027 yang akan dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

“Kegiatan penggalian gagasan ini berdasarkan perintah Undang-undang, bahwa setiap Kades yang baru harus melaksanakan kegiatan penggalian gagasan sebagai dasar Program RPJMDes 6 Tahun kedepan yaitu Tahun 2021 – 2027,”ujar Asalin dalam pertemuan penggalian gagasan di pelataran rumah warga Dusun 5 Desa Palasa, Kamis (24/06/2021).

Asalin menyebut, tiga bulan setelah di lantik, selaku Kedes Palasa dirinya harus melaksanakan RJMDes. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan salah satunya penggalian gagsan di masing-masing dusun.

“Usulan ini akan dimuat dalam RPJMDes, sebanyak-banyaknya usulan yang kita muat dalam RPJMDes kemudian akan dilakukan rapat kembali untuk merumuskan mana yang menjadi prioritas,”ucapnya.

Melalui usulan yang diberikan warga, Asalin mengungkapkan, pembiayaan pengadaan bantuan kepada masyarakat, bukan hanya biaya dari dana desa saja, tapi juga terdapat dari pemerintah kabupaten dan provinsi.

“Jika tidak ada RPJMDes, maka tidak bisa di biaya pemerintah. Jadi RPJMDes menjadi dasar,”ungkapnya.

Berbagai usulan yang disampaikan, usaha berdasarkan kelompok, pembangunan fisik apa yang dibangun, kemudian pemberdayaan apa yang di usulkan akan disinkronkan dengan kesamaan RPJMDes tahun sebelumnya, untuk diperiksa ada yang bersamaan dengan usulan saat ini dan sebelumnya.

Kegiatan penggalian gagasan ini, dilaksanakan selama tiga hari di 6 dusun yang terdapat di Desa Palasa.

“Kegiatan kita lakukan selama 3 hari dan selanjutnya akan dirapatkan lagi untuk dilihat mana yang menjadi progam prioritas,”tutup Asalin. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.