Pemda Sigi Bangun Kerjasama dengan UNISA Palu Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

oleh -
Bupati Sigi Mohamad Irwan. FOTO : IST

SIGI, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Sigi melakukan Penandatanganan Kerjasama dengan Universitas Alkhairaat (UNISA) Palu Tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan, S.Sos, M.Si, dengan Rektor Universitas Alkhairaat (UNISA) Palu Dr. Umar Alatas, S.Pi, M.Si, di ruang rapat Bupati, Senin, (1/8/ 2022).

Rektor Universitas Alkhairaat (UNISA) Palu Dr. Umar Alatas mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hal yang baru, ini adalah tindakan-tindakan yang dilakukan selama ini sebagai bentuk tanggung jawab dan tugas.

“Sebelumnya kami sudah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sigi dan hari ini dokumen itu perlu disegarkan kembali dalam bentuk MOU sebagai ukuran kinerja,” ungkapnya kepada SultengNews.com, Senin (1/8/2022).

Selanjutnya Rektor UNISA menambahkan bahwa perannya di Perguruan Tinggi itu adalah menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal ini pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Sekarang ini ada Program Pemerintah yaitu Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar,” sebutnya.

Selama ini, lanjut Rektor, Pemda Sigi Intens melakukan pengembangan dari sisi SDM dan tercatat beberapa tahun terakhir ini memberikan beasiswa untuk program studi peningkatan kualifikasi guru di wilayah Kabupaten Sigi dan tahun ini akan direalisasikan lagi pengembangan SDM di bidang kesehatan.

Di bidang penelitian, Unisa Palu dilibatkan dalam program penurunan stunting di wilayah Kabupaten Sigi, sedangkan dalam Tri Dharma Pengabdian Universitas Alkhairaat juga mendukung program Bupati Sigi yaitu program sigi masagena dan sigi religi.

“Dimana Unisa Palu juga selalu melakukan kegiatan turun lapangan dalam hal meningkatkan kualifikasi persen dalam bentuk pengabdian dan KKN Tematik juga dilakukan dalam pengembangan kegiatan pengembangan kegiatan Pengabdian,” ungkap Rektor.

“Selanjutnya ada penguatan baru lagi yang beberapa minggu kemarin yang Universitas Alkhairaat lakukan dengan rumah sakit yang ada di Kabupaten Sigi. Di mana Rumah Sakit Torabelo Sigi ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan masuk dalam Rumah Sakit Pendidikan di Unisa Palu,” katanya menambahkan.

Sementara itu, Bupati Sigi Mohamad Irwan dalam sambutannya mengatakan, bahwa apa-apa yang telah dilakukan ini merupakan bagian dari pelaksanaan visi misi.

Visi misi ini adalah sebuah janji politik yang dituangkan dalam RPJMD Pemerintah Kabupaten Sigi di mana salah satu  program inovasinya yaitu sigi massagena dan dimasagena ini ada beberapa hal penguatan penguatan kesejahteraan masyarakat.

“Sementara dengan Universitas Al Khairat ada dua yakni yang berkaitan dengan SDM pendidikan dan kesehatan itu sendiri. Dan di tahun ini sesuai dengan janji kami beberapa tahun kemarin bersama wakil bupati Sigi yakni Satu kecamatan satu dokter,” sebut Mohamad Irwan.

Sebagai Pemerintah Daerah Bupati mengucapkan terima kasih kepada Unisa Palu atas kerja sama dan partisipasinya dan berharap visi misi yang ditancapkan oleh Pemda bisa berjalan sesuai dengan rencana.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.