Pembangunan Huntap Talise Belum Ada Kejelasan, Korban Bencana Harus Bersabar Tingkat Tinggi..!

oleh -
Lokasi rencana Pembangunan Huntap Talise, Jumat (19/11/2021). FOTO : SULTENGNEWS.COM/RIZAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tengah selaku penanggung jawab dalam pembangunan Huntap Talise, belum memberikan kepastian mulai kapan dibangun Huntap Talise.

Dalam pemberitaan beberapa waktu lalu di sejumlah media lokal, Kepala Bidang SDA dan Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Palu Muh. Noor Larisa menyebutkan, mewakili pemerintah Kota Palu setelah bertemu dengan pihak Kementerian PUPR, JICA, lokasi Hunian Tetap sudah siap untuk dibangun.

Hal itu kata Muh. Noor, karena Pemerintah Kota Palu dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, telah bersedia untuk menyediakan lahan pengganti sebagai jaminan yang sebelumnya ada klaim warga Talise atas lahan yang akan dibangun Huntap Talise.

Muh. Noor memastikan akan segera dimulai pembangunan Huntap Talise pada akhir tahun ini dari kementerian PUPR melalui BPPW Sulteng. Namun hingga kini belum ada tanda – tanda akan dimulainya pembangunan Huntap.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulteng Sahabuddin mengatakan, memang setelah mendapatkan informasi dari pemerintah daerah (Pemerintah Provinsi Sulteng dan Pemerintah Kota Palu), tidak ada lagi permasalahan lahan di lokasi Huntap Talise.

Hanya saja kata Sahabuddin, pihaknya belum bisa memastikan kapan mulai pembangunan Huntap Talise, karena masih menunggu kesiapan dari word bank atau bank dunia selaku pemberi pinjaman dana.

“Memang betul bahwa pemda sudah ada progress yang menyatakan Huntap Talise sudah klier,” ujar Sahabuddin kepada sultengnews.com, Jumat (19/11/2021).

“Tetapi untuk meyakinkan pemberi donor dalam hal ini word bank atau bank dunia, ada yang namanya dokumen lingkungan yang harus dilengkapi. Dokumen lingkungan itu, itu yang sementara kita diskusikan hari ini (kemarin-red) dengan pihak word bank dan pihak terkait,” tambahnya.

Dia menambahkan, secara Detail Engineering Design (DED) Huntap Talise sudah rampung atau sudah ready, sementara yang ditunggu kali ini kesiapan dari pihak bank dunia untuk menyetujui proses lelang atau tidak, termasuk dengan menyiapkan seluruh dokumen tadi.

“Pukul 15.00 sore (kemarin-red) ini kita diskusi dengan word bank untuk mendapatkan persetujuan anggaran,” ungkap Sahabuddin.

“Mudah-mudahan seperti yang diharapkan, kita mengharapkan bisa akhir tahun, kita masih menunggu proses lelang dan persetujuan dari bank dunia,” jelas Sahabuddin.*

Penulis : Mohammad Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.