Pembangunan Hotel The Syah Terbengkalai, Kadis Penataan Ruang : Sesuai Aturan Masti Ada IMB Dulu Baru Membangun

oleh -
Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Palu Mohammad Rizal. FOTO : SULTENGNEWS.COM/RIZAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Palu Mohammad Rizal, meminta kepada seluruh pemilik bangunan, agar sebelum membangun sebaiknya mengurus terlebih dahulu rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebelum melakukan proses pembangunan.

Hal ini disampaikan Mohammad Rizal, terkait adanya beberapa bangunan di Kota Palu yang sudah membangun tapi belum memiliki rekomendasi IMB dari dinas terkait, salah satunya bangunan Hotel The Syah di samping kantor Gubernur Sulteng yang hingga kini belum rampung pembangunannya.

“Bangunan sudah di bangun belum punya IMB,” ungkap Mohammad Rizal kepada sultengnews.com, Jumat (19/11/2021).

Menurut Mohammad Rizal, siapapun pemilik bangunan, Pemerintah Kota Palu memastikan tingkat kenyamanan dan terhadap struktur bangunan, minimal terlebih dahulu harus memiliki rekomendasi teknis IMB sebelum bangunan tersebut mulai dibangun.

Dia mencontohkan seperti bangunan gedung Grand Hotel The Syah Palu yang mulai dibangun dengan 8 lantai pada tahun 2017, padahal belum memiliki rekomendasi IMB sama sekali.

“Bangunan tersebut jenis bangunan tidak sederhana dan diperuntukan untuk umum, sehingga Pemerintah Daerah wajib menjamin keamanan masayarakat yang menggunakan,” sebut Rizal.

Olehnya, Rizal menyampaikan wajar saja jika Tim Ahli Bangunan Gedung (TAGB) meminta kembali kelengkapan dokumen perencanaan, karena bangunan gedung Grand Hotel The Syah belum dikeluarkan rekomendasi teknis IMB sementara bangunan gedung sudah dibangun.

“Karena di bangun sebelum dikeluarkan rekomendasi teknis, maka TABG meminta kelengkapan dokumen perencanaan, namun sampai saat ini tidak dipenuhi,” tambah Rizal.

Selaku Ketua TAGB, tentunya Rizal menegaskan kepada semua pemilik bangunan gedung yang ingin mau membangun atau sementara dalam pembangunan namun belum memiliki rekomendasi IMB, jika tidak melengkapi seluruh dokumen kelengkapan administrasi perencanaan maka rekomendasi IMB tidak bakal di proses.

“Sebelum semua kelengkapan administrasi teknis perencanaan dilengkapi maka IMB tidak bisa terproses,” ujarnya.

“Apalagi untuk bangunan gedung Grand Hotel The Syah sudah terjadi perubahan yang tidak sesuai lagi dengan dokumen awal,” tegasnya.*

Penulis : Mohammad Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.