Pemasangan Lampu LED Mengurangi Biaya Tagihan

oleh -
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Palu, Zulkifli. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemasangan lampu LED dengan menggantikan lampu mercuri yang sudah terpasang sekitar 2 ribu lebih titik mata lampu, dari hasil revitalisasi Penerangan Jalan Umum (PJU) Pemerintah Kota Palu, dapat mengurangi biaya tagihan ke pihak PLN.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Palu Zulkifli, mengatakan, dari hasil revitalisasi PJU Pemerintah Kota Palu yang sudah berjalan pemasangan 2 ribu lebih mata lampu terpasang dan tersebar di rayon kota sebahagiaan dan sementara focus di rayon kamonji, telah terjadi penurunan pembayaran tagihan dari PLN Palu.

Hal ini sebut Zulkifli, awalnya di bulan Desember 2021 lalu pembayaran PJU Pemerintah Kota Palu sebesar 3,2 miliar rupiah lebih, namun pada bulan Januari 2022, biaya tagihan PJU Pemkot Palu hanya 2,8 miliar rupiah.

“Dari pemasangan sampai saat ini, setelah hasil pendataan dari PLN dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman beberapa saat yang lalu, bahwa telah terjadi penurunan pembayaran. Ini masih terhitung dengan pemasangan kurang lebih 2 ribuan mata lampu yang terpasang dari sejatinya sesuai data hasil existing tahun 2019 di pasang mata lampu LED 11.468 titik,” ungkap Zulkifli kepada SultengNews.com (7/2/2022).

“Olehnya kepada seluruh masyarakat kota Palu, mari kita mendukung program Wali Kota Palu Hadianto Rasyd beserta Wakil Wali Kota Palu dr. Reny Lamadjido, dengan program Palu terang. Agar supaya kota ini kota layak untuk dihuni, kota yang nyaman untuk dihuni, kota yang ramah untuk dihuni, dengan adanya revitalisasi PJU,” sambung dia.

Katanya menambahkan, memang untuk sementara pemasangan lampu LED menggantikan lampu mercuri masih focus di dua rayon yakni rayon kota dan rayon kamonji.

Namun, karena Pemerintah Kota Palu telah menargetkan pemasangan lampu PJU dengan mata lampu LED terpasang secara keseluruhan 11.468 titik pada tahun ini, tentunya kepada masyarakat kota Palu yang belum terpasang mata lampu LED untuk sementara terlebih dahulu bersabar.

“Insya Allah tahun ini kita targetkan rampung, selesai pemasangan di tiga rayon, yakni rayon Tawaeli, rayon kota dan rayon Kamonji,” ujarnya.

“Kepada masyarakat, untuk bersabar, Insya Allah lampu-lampu ini akan masuk ke jalan-jalan protocol, jalan utama dan Insya Allah akan masuk ke lorong-lorong sesuai dengan data existing di tahun 2019,” sebut dia.

Untuk itu, Pemerintah Kota Palu mengharapkan dukungan penuh kepada masyarakat kota Palu, agar tidak memasang kembali lampu Mercuri yang sudah dicabut dan telah dipasang lampu LED di titik-titik mata lampu yang sudah terpasang.

“Kalau sudah dicabut tolong jangan dipasang kembali, karena lampu mercuri ini yang nota bene sampai 500-100 watt ini, sangat membebani dari pada pembayaran PJU kita,” harapnya.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.