PDIP Belum Punya Pilihan, Pemilihan Wagub Ditunda

oleh -

Inilah dua calon Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng yakni Mansur Pasande dan Rusli Dg. Palabbi saat pencabutan nomor urut di DPRD Sulteng beberapa waktu lalu. FOTO : MAHFUL/SN

PALU, SULTENGNEWS.com – Pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) pengganti antara waktu (PAW) yang seyogyanya digelar Kamis (27/6/2019) sesuai jadwal yang telah ditetapkan Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Sulteng, akhirnya ditunda karena PDI Perjuangan belum punya pilihan.


“Iya, pemilihan Wagub kita tunda dulu, karena kita menerima surat dari PDI Perjuangan yang menyatakan belum bisa menentukan pilihan Wagub karena belum ada petunjuk dari DPP-Nya. Demi kebersamaan, maka Banmus memutuskan untuk menunda dulu,” kata Wakil Ketua DPRD Sulteng, Alimuddin Paad kepada sultengnews.com, Rabu (26/6/2019).

Dikatakan, memang PDIP bukan salah satu partai pengusung pasangan Longki – Sudarto pada saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2015 lalu. Namun, karena PDIP menyampaikan tidak akan ikut serta dalam pemilihan jika tetap dilaksanakan pada Kamis (27/6/2019), maka pimpinan DPRD Sulteng yang juga unsur pimpinan di Banmus memutuskan untuk membawa hal itu ke rapat Banmus.

“Saya selaku unsur pimpinan tidak bisa mengambil keputusan sendiri, maka saya usulkan untuk dirapatkan di Banmus. Hasilnya, semua setuju untuk ditunda dulu demi kebersamaan di DPRD Sulteng,” katanya.

Menurut Alimuddin, saat rapat Banmus pada Rabu (26/6/2019) muncul tiga opsi pemilihan wagub yakni tanggal 2, 5 dan 8 Juli 2019. Tanggal berapa kepastiannya, akan dibahas lagi pada rapat lanjutan Banmus pada Kamis (27/6/2019).

“Kita akan putuskan lagi tanggal pemilihan wagub pada rapat Banmus kamis (27/6/2019). Tanggal berapa yang disetujui, baru kita tetapkan,” ujarnya.

“Jika sudah diputuskan tanggalnya, lalu masih ada partai yang beralasan tidak bisa menentukan pilihan karena belum ada petunjuk dari DPP-nya atau alasan bimtek dan sebagainya, akan kita tinggal selama pemilihannya korum,” tambahnya.

Alimuddin memastikan, pemilihan wagub tidak akan lewat hingga pelantikan anggota DPRD baru periode 2019 – 2024.

“Sebagai pimpinan dewan, saya sangat berharap pemilihan wagub ini bisa cepat selesai, sehingga pak gubernur sudah punya teman dalam menjalankan roda pemerintahan,” tandasnya.



Sebagaimana diketahui, empat partai pengusung Longki – Sudarto pada Pilkada 2015 telah sepakat mengeluarkan rekomendasi kepada Sekretaris Wilayah Partai Amanat Nasional (PAN) Rusli Dg. Palabbi dan Ketua Wilayah Partai Bulan Bintang (PBB) Mansur Pasande untuk dipilih sebagai wagub penganti antar waktu almarhum sudarto oleh anggota DPRD Sulteng.

Namun hingga kini, pemilihan kedua calon wagub itu harus tertunda lagi dari jadwal sebelumnya tanggal 24 Juni, lalu bergeser tanggal 27 Juni, kemudian tertunda hingga waktu yang belum diketahui karena masih menunggu lagi jadwal yang akan ditetapkan Banmus DPRD Sulteng. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *