Pasukan Kostrad dan Korps Marinir Buru MIT Poso, Miliki Kualifikasi Intel dan Tempur

oleh -
Dandrem 132/Tadulako Brigjen TNI, Farid Makruf, M.A, saat ditemui di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pasukan khusus terdiri dari Peleton Pengintai Keamanan (Ton Taikam) dari Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad) dan Korps Marinir yang diturunkan untuk menumpas Kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso pimpinan Ali Kalora, memiliki kualifikasi intelejen dan tempur.

Pasukan khusus tersebut tiba di Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri sekira pukul 06.00 Wita, pagi. Pasukan khusus itu dikerahkan setelah terjadi pembunuhan empat warga di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (27/11/2020) lalu.

“Mereka terdiri dari Ton Taikam dari Kostrad dan Marinir, mereka memiliki kualifikasi intel dan tempur,”ujar Dandrem 132/Tadulako Brigjen TNI, Farid Makruf, M.A, saat ditemui di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Selasa (01/12/2020).

Menurut Dandrem, sinergitas TNI dan Polri dalam operasi Satgas Tinombala selama ini, akan lebih kuat dengan kedatangan pasukan khusus tersebut.

“Jadi kita, sinergitas TNI dan Polri selama ini sudah terbangun dalam Satgas Tinombala akan mendapatkan kekuatan yang lebih besar dengan kedatangan pasukan khusus ini,”ungkapnya.

Danrem menyatakan, pasukan khusus yang baru saja didatangkan itu, akan ditempatkan di seluruh pos wilayah yang terindikasi adanya pergerakan Kelompok MIT Poso.

“Pasukan khusus ini akan di poskan di seluruh wilayah,”tegasnya.

“Dimana ada kontigensi dia (pasukan khusus) akan siap digerakkan dengan mobilitas yang tinggi,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *