Pansus Padagimo Fokuskan Pembangunan Huntap Untuk Warga Petobo

oleh -
Pansus Padagimo rapat bersama instansi terkait. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Panitia khusus (Pansus) Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) memfokuskan penanganan pasca bencana 28 September 2018 terhadap pembangunan Hunian Tetap (Huntap) untuk warga kelurahan Petobo.

“Petobo itu jangan kan dia punya rumah, lokasinya saja untuk bangun rumah belum ada, makanya kita fokus ke Petobo sekarang ini,” papar Ketua Pansus Padagimo, Budi Luhur Larengi saat memimpin rapat pansus, di ruang rapat utama DPRD Sulteng, Rabu (22/07/2020).

Dikatakan, kalau warga Talise, Tondo, Duyu dan lain sebagainya sudah ada Huntap dan sudah ditempati, akan tetapi kalau Petobo mimpi pun dia tidak mampu sekarang.

Dia menyatakan, yang ditakutkan warga Petobo yang sudah kehilangan segala-galanya, jangan sampai harapan pun hilang.

“Sebab saat ini masih ada satu harapan mereka yaitu kepada pemerintah provinsi untuk pembangunan tempat tinggal mereka,”ujarnya.

Menurutnya, hal itu yang menjadi keterpanggilan, karena ini merupakan panggilan moral dan panggilan kemanusiaan. Bayangkan saja warga Petobo untuk makan saja mereka setengah mati.

“Apakah dengan begitu tidak terpanggil perasaan kita, sebab berdosa kita kalau masih ada orang kelaparan di sekitar kita belum ada tempat,”ungkapnya.

“Saya katakan kepada teman-teman Pansus Padagimo, kita harus fokus ke Petobo bukan untuk diprioritaskan tapi difokuskan untuk sementara ini,” lanjut dia.

Dia menyebutkan, selanjutnya Pansus akan fokus kepada pemulihan ekonomi dan juga ke pemulihan psikologis atau kejiwaan.

Dia juga menambahkan, Pansus Padagimo akan tetap bertemu dengan Wali Kota Palu walaupun mungkin akan diterima di tangga yang terpenting bisa bertemu dengan Wali Kota Palu.

“Karena dinas yang terkait yang berada di pemerintahan Kota Palu tidak bisa mengambil kebijakan karena bukan wewenang mereka,”tambahnya.

“Pansus padagimo hanya ingin mendengarkan pernyataan dari Wali Kota Palu,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *