Pansus Padagimo Akan Bekerja Sampai Tuntas

oleh -
Rakor Satgas percepatan pembangunan perumahan dan pemukiman pasca bencana di Sulteng. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Panitia Khsusus (Pansus) Palu-Donggala-Sigi-Parigi Moutong (Padagimo) DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) akan bekerja sampai tuntas dalam penanganan pasca bencana 28 September 2018 silam.

Hal itu diutarakan Ketua Pansus Padagimo DPRD Sulteng, Budi Luhur Larengi, selepas rapat bersama Dandrem 132 Tadulako dan Wakil Gubernur Sulteng beserta instansi terkait lainnya di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Jumat (07/08/2020).

“Kami akan bekerja sampai tuntas, rencananya sampai bulan Oktober. Kami berharap dalam waktu dekat akan membuat surat rekomendasi untuk disampaikan kepada beberapa daerah kabupaten untuk dilaksanakan dalam hal penanganan kebencanaan,”ujarnya.

Dikatakan, rapat kali ini menarik dan ini menjadi bagian dari tambahan energi pihaknya, ternyata masih ada lagi intansi lain yang akan ikut serta untuk menyelesaikan persoalan kemanusiaan di tiga kabupaten dan 1 kota di Sulawesi Tengah.

Diungkapkan, proses penanganan terhadap penyintas akan lebih mudah lagi, karena Danrem 132 Tadulako selaku Ketua Satgas percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap penyintas tidak main-main.

Dia menuturkan, terkait Kelurahan Petobo yang menjadi fokus dari penanganan Pansus Padagimo, setelah melakukan pertemuan dengan Gubernur Sulawesi dan gubernur sangat mengapresiasi, sebab gubernur mendukung proses penanganan pasca bencana 28 September 2018 atas dasar kemanusiaan.

“Atas dasar kemanusiaan, pak gubernur juga memberikan sebagian APBD dalam perubahan nantinya untuk penanganan terhadap warga terdampak bencana gempa tsunami dan likuifaksi,”tuturnya.

“Dalam rapat itu juga telah memberikan dukungan secara moral kepada pihaknya, karena Pansus Padagimo tidak berjalan sendiri, sebab ada institusi lain yang menjadi mitra dalam menuntaskan persoalan kemanusiaan,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *