Pansus IV DPRD Sulteng, Finalisasi Raperda Tata Tertib dan Kode Etik Anggota DPRD

oleh -
Pansus IV DPRD Sulteng saat menggelar rapat tentang penyempurnaan Tata Tertib dan Kode Etik Anggota DPRD di ruang sidang utama DPRD Sulteng, Selasa (9/11/2021). FOTO : HUMPRO DPRD SULTENG

PALU, SULTENGNEWS.COM – Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Sulteng menggelar rapat tentang penyempurnaan Tata Tertib dan Kode Etik Anggota DPRD di ruang sidang utama DPRD Sulteng, Selasa (9/11/2021)

Rapat ini dipimpin langsung ketua Pansus IV DPRD Sulteng, Huisman Brant Toripalu serta dihadiri Anggota Pansus IV antara lain Drs. Zainal Mahmud Daud, Ronald Gulla ST, Moh. Faizal Lahadja. SE, H.Nasser Jibran. SH, MH, Drs. Marlela, M.Si, Ir. Elisa Bunga Allo. MM, H.M. Tahir H. Siri, SE,MH serta Tim Penyusun Pansus DPRD Sulteng.

Pertemuan Pansus IV DPRD Sulteng ini, merupakan finalisasi terkait Tata Tertib dan Kode Etik Anggota DPRD Sulteng. Adapun pembahasan pada rapat kali ini terkait perubahan dalam Penyempurnaan Tata Tertib dan Kode Etik Anggota DPRD Sulteng sebelum ditindak lanjuti ke Kemendagri.

Dalam rapat juga dibahas Hak Imunitas anggota DPRD sebagaimana yang tertuang dalam pasal 20 mengacu pada Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD.

Disebutkan, Hak Imunitas Anggota DPRD adalah hak Anggota DPRD yang dalam menjalankan fungsi, wewenang dan tugasnya tidak dapat di periksa, diselidiki, disidik dan di tuntut oleh penegak hukum karena pernyataan, pertanyaan dan/atau pendapat yang dikemukakannya baik secara lisan dan tertulis di dalam rapat DPRD atau di luar rapat DPRD yang berkaitan dengan fungsi, tugas dan wewenang.

Usulan terkait masalah devenisi Hak Imunitas Anggota DPRD ini, juga telah disetujui oleh Tim Pansus IV DPRD Sulteng sebelum di fasilitasi ke Kemendagri. Rencananya, setelah Raparda terkait Tata Tertib dan Kode Etik ini rampung, akan segera dikonsultasikan ke Kementrian Dalam Negeri dan setelah itu disahkan menjadi sebuah Peraturan Daerah (Perda) di DPRD Sulteng. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.