Palu Diprediksi Masih Terjadi Hujan Lebat Tiga Hari Kedepan

oleh -
Kantor Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Palu. FOTO : ADHY RIFALDY

PALU, SULTENGNEWS.COM – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengusahakan informasi perkiraan cuaca tersampaikan kelapisan masyarakat paling bawah.

Pemantau cuaca buruk dan seberapa lama cuaca buruk itu, dilakukan BMKG dengan beberapa parameter.

Koordinator Unit Analisis Pengelolahan Data BMKG Palu, Affan Nugraha menyampaikan beberapa parameter yang menentukan seberapa buruknya cuaca salah satunya citra satelit.

Satelit ini terbagi menjadi tiga yakni satelit komunikasi, satelit militer dan satelit khusus mengamati cuaca.

“Satelit khusus mengamati cuaca ini, berfokus mengamati partikel-partikel yang ada di udara seperti partikel air, kelembapan dan beberapa partikel lainnya oleh citra satelit,” ujar Affan.

Dia memperkirakan, cuaca ini tiap harinya akan selalu di sampaikan update terbarunya melalui grup WhasApp baik kepada pemerintah maupun masyarakat luas.

Affan juga mengungkapkan, perkiraan cuaca ini bisa terjadi dan bisa juga tidak, karena ada kemungkinan – kemungkinan. Namun perkiraan cuaca ini, didasari oleh data tidak sembarangan.

“Sama seperti melihat dukun (paranormal) yang dapat memperkirakan tanpa adanya kebenaran, tapi berbeda dengan BMKG yang sudah jelas dengan data satelit, data verifikasi tempat kejadian, data curah hujan. Nah nilai kemungkinan yang didasari data dapat dipertanggung jawabkan dan nilai akurasinya pun tinggi.

Tugas utama BMKG yaitu memberikan jasa informasi dalam bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dengan memberikan peringatan dini.

“Hanya sampai situ tugas utama dari BMKG. Setelah itu, tongkat stafet diserahkan seperti provinsi, BPPD, BNPB untuk sampai ke level paling bawah,” ungkapnya.

Tetapi dalam beberapa waktu ataupun kondisi yang dianggap penting, pihak BMKG pun mengusahakan agar informasi tersampaikan ke tahap lapisan bawah juga karena untuk mencegah informasi tidak tersampaikan. RDL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *