PAD Menurun, Bapenda Target Bisa Normal 2020

oleh -

 

PALU, SULTENGNEWS.COM-Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palu menurun drastis pascabencana. Berkurangnya PAD dari pajak hotel dan restoran adalah penyebab utama terjadinya hal tersebut.

“Turun drastis. Sebab pajak dari hotel dan restoran hampir turun setengah dari pembayaran pajak sebelumnya yang direncanakan,” ucap Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palu, Drs Tamin tombolotutu saat ditemui sultengnews.com di ruanganya, Rabu (17/7/19)

Dia menjelaskan sistem pembayaran pajak hotel dan restoran menggunakan cara self assessment.

“Saat ini cara pembayaran pajak yang dilakukan oleh hotel-hotel dan restoran di Kota Palu dengan menggunakan Self Assessment atau pelaporan dari mereka sendiri,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan bahwa selain hotel dan restoran, galian C sebagai sumber PAD utama Kota Palu.

“Tentunya PAD utama Kota palu itu adalah perhotelan dan restoran yang ada di Kota Palu. Meski pun saat ini. Galian C juga masuk namun masih di bawah hotel dan restoran,” jelasnya.

Badan Pendapatan Kota Palu menargetkan tahun 2020 nanti PAD kota Palu kembali normal.

“2020 Semuanya sudah normal kembali, dan ingin membangun kembali dengan hasil PAD. Sekarang sudah banyak investor-investor yang masuk. Ada yang dari Jakarta dan sebagainya, namun masih dari dalam negeri,” tutupnya. JMY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *